Dear Ladies, Ini Tips Aman Bagi Kamu yang Baru Pertama Mendaki Gunung

Ilustrasi wanita mendaki gunung. (Antara)

Editor: Dera - Selasa, 30 November 2021 | 18:50 WIB

Sariagri - Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan khususnya untuk mendekatkan diri merasakan keindahan dan kecantikan alam.

Tidak hanya digandrungi pria, mendaki gunung juga termasuk ke dalam salah satu kegiatan yang digandrungi wanita khususnya bagi para pecinta petualangan. Bagi pendaki wanita pemula tentu ada beberapa hal yang harus dipahami ketika memulai perjalanan dan pengalaman baru.

Hal itu tentunya bertujuan agar perjalanan eksplorasi alammu bisa tetap terasa menyenangkan meski banyak rintangan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pendaki wanita agar tetap aman dan nyaman saat memulai pendakian ke gunung.

Kenali bahaya dalam perjalanan

Salah satu World Seven Summiter asal Indonesia Iwan “Kwencheng” Irawan mengatakan salah satu kiat agar pendaki wanita aman saat mendaki adalah mengenali jenis-jenis bahaya.

Ada dua jenis bahaya yaitu objektif dan subjektif yang bisa ditemui pada saat eksplorasi alam tengah berlangsung. Bahaya objektif disebut Iwan merupakan bahaya yang berasal dari faktor alam seperti ketinggian, cuaca, oksigen, hingga curah hujan. Sementara bahaya subjektif adalah bahaya yang diakibatkan oleh faktor manusia atau keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ketika bahaya subjektif lebih besar dari bahaya objektif, artinya semua orang bisa ikut berkegiatan selama semua kondisi alam sudah diprediksi dan diperhitungkan. Sedangkan ketika bahaya objektif sama dengan bahaya subjektif artinya kegiatan tersebut mengandung bahaya dan para penggiatnya harus punya kemampuan yang lebih,” ujar Iwan.

Lalu bagaimana jika bahaya objektif lebih besar dari bahaya subjektif?

Artinya kegiatan tersebut mengundang bahaya dari kondisi alam yang tak bisa diprediksi. Umumnya ditemukan dalam acara seperti ekspedisi.

Jaga higienitas saat berkegiatan di luar ruangan

Melansi dari Antara, kiat lainnya untuk menjaga pendakian tetap aman bagi wanita adalah menjaga kebersihan tubuh dan diri saat berkegiatan di luar ruangan.

Kamu boleh terlarut dalam keindahan dan panorama yang diberikan alam, namun pastikan pada saat melakukan pendakian anda tetap menjaga kebersihan tubuh anda demi kesehatan tak hanya untuk masa sekarang namun juga masa depan.

Dokter Ratih Citra Sari menyebutkan higienitas sangat penting dijaga oleh wanita khususnya pada bagian intim ketika melakukan pendakian.

“Masih banyak pendaki perempuan yang abai dengan higienitas saat berkegiatan dengan berbagai alasan. Padahal jika tidak diperhatikan sejak dini, hal ini dapat berdampak besar di kemudian hari seperti vaginitis atau infeksi vagina hingga sulitnya memiliki keturunan,” ujar dokter Ratih.

Kiat sederhana yang bisa dilakukan pendaki wanita untuk tetap higienis adalah mengganti pakaian dalam sebelum tidur serta membasuh organ intim menggunakan air bersih setidaknya satu kali sehari. Pastikan juga kamu tidak mengganti fungsi air dengan tisu basah karena keduanya memiliki sifat yang berbeda.

Siapkan perbekalan ramah lingkungan

Salah satu tujuan pendaki setidaknya adalah mengenal lebih dekat kondisi alam yang menampilkan keindahannya pada pendaki, untuk itu pendaki harus terus menjaga kelestarian alam setidaknya dimulai dari diri sendiri.

Pendaki bisa membawa perbekalan yang ramah lingkungan ketimbang menggunakan perbekalan yang berpotensi mencemari lingkungan dan sulit terurai.

Sebisa mungkin hindari makanan kemasan dan lebih memilih bahan alami seperti buah atau sayur. Bahan masakan itu bisa dibungkus dengan kotak makan atau tas jaring agar tetap memiliki daya tahan yang baik. Pada saat melakukan pendakian, kamu bisa memilah sampah dan memisahkannya antara sampah yang bisa diuraikan dan tidak diuraikan.

Dengan demikian, ketika ada sampah yang tidak bisa terurai anda bisa membawanya ke bank sampah untuk kemudian bisa diolah kembali sehingga prinsip keberlanjutan lingkungan tetap terjaga.

“Meskipun masih banyak orang yang melihat ini kegiatan yang rumit, namun jika sudah terbiasa, justru perjalanan jadi lebih simple dan sederhana. Kuncinya adalah perencanaan perjalanan,” ujar salah seorang pegiat lingkungan Siska Nirmala yang juga gemar melakukan pendakian.

Pakai outfit yang nyaman dan aman

Saat melakukan pendakian ke gunung, salah satu faktor penting lainnya yang harus diperhatikan adalah dari segi kostum atau outfit. Pastikan pakaian yang kamu gunakan bisa sesuai dengan kondisi alam mulai dari kondisi suhu, kondisi medan pendakian, hingga kondisi tubuh untuk bergerak.

Sistem layering menjadi salah satu sistem yang bisa anda terapkan ketika melakukan pendakian. Ada tiga lapisan yang setidaknya harus dipahami para pendaki mulai dari base layer, mid layer, dan outer layer.

Base layer merupakan lapisan pertama yang harus dipakai sebelum mendaki. Selain memastikan pakaian mampu menyerap keringat, ada baiknya pastikan lapisan pertama ini bisa membantu keringat berpindah ke lapisan selanjutnya.

Pada dasarnya base layer berguna menjaga kestabilan suhu tubuh meski menghadapi temperatur yang ekstrem dan disarankan pilih yang berbahan poliester atau wol.

Middle Layer atau lapisan pakaian kedua biasanya berbentuk jaket yang bisa menjaga suhu tubuh tetap hangat meski berada di daerah dengan suhu relatif rendah. Kamu bisa memiliki middle layer berbahan poliester, fleece, atau bulu angsa.

Baca Juga: Dear Ladies, Ini Tips Aman Bagi Kamu yang Baru Pertama Mendaki Gunung
Cara Ini Ampuh Atasi Embun di Dalam Mobil Saat Hujan

Terakhir bagian outer layer biasanya berfungsi untuk menahan angin dan air agar pakaian di bagian kedua dan pertama tetap dalam kondisi baik. Pilihlah outer layer yang bersifat windproof dan waterproof sehingga pendakian bisa tetap lancar dalam situasi cuaca apapun.

Ketiganya dinilai menjadi kunci agar kondisi tubuh tetap aman dan nyaman saat pendakian gunung berlangsung. Setidaknya dengan menerapkan empat hal diatas, pendakianmu sudah memiliki perencanaan dasar dan tentunya mempersiapkan anda untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat mendekatkan diri pada alam.