Rayakan Thanksgiving, Astronot NASA Sediakan Menu Kalkun di Angkasa

Astronot NASA merayakan hari Thanksgiving di angkasa (Dok NASA)

Penulis: Yoyok, Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 26 November 2021 | 20:20 WIB

Sariagri - Para astronot NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat) tak mau tertinggal untuk merayakan hari Thanksgiving pada Jumat (26/11) atau Kamis waktu Amerika Serikat. Dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang kira-kira berada 250 mil di atas Bumi, mereka yang merasa cukup jauh dari rumah, seperti kebanyakan warga Amerika, makan enak.

Bahkan, NASA mengungkapkan bahwa astronotnya makan seperti raja pada hari itu. Tak tanggung-tanggung, menu yang disediakan dari kepiting bisque, kalkun panggang hingga blueberry cobblerkentang gratin dan manisan ubi.

Mereka juga menayangkan pestanya melalui akun Twitter @NASA_Astronauts.

Memang tidak seperti di Bumi, di mana makan malam Thanksgiving bisa menjadi proses memasak yang menegangkan, namun yang harus dilakukan para astronot hanyalah menambahkan air panas.

Kayla Barron, salah satu astronot NASA yang saat ini berada di ISS bercanda: 'Untungnya, tidak butuh waktu lama untuk memasak di luar angkasa karena sebagian besar hanya dipanaskan kembali!'

NASA memposting video itu ke halaman Twitter-nya, menulis: 'Bagaimana para astronot NASA menghabiskan Thanksgiving di luar angkasa? "Sedikit persahabatan, sedikit waktu di treadmill - dan, tentu saja, kalkun panggang."

Barron, yang baru berada di ISS selama dua minggu, mengungkapkan bahwa kru akan bekerja pada Thanksgiving, sebelum menikmati makanan tim yang lezat.

"Saya pikir kami akan bekerja, tetapi juga menantikan makanan yang luar biasa bersama-sama," katanya seperti dikutip oleh sejumah media.

Meskipun Thanksgiving secara tradisional hanya dirayakan di AS, Barron menambahkan bahwa dia dan anggota kru NASA - Raja Chari, Thomas Marshburn dan Mark Vande Hei - akan mengundang kru internasional - kosmonot Rusia Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrovto dan astronot Badan Antariksa Eropa, Matthias Maurer , ke pesta Thanksgiving mereka.

"Saya yakin kami akan mengundang rekan kosmonot kami untuk bergabung dengan kami - ini akan menjadi Thanksgiving yang sangat internasional," tambahnya.

Astronot Tom Marshburn menambahkan: 'Makanan benar-benar fantastis di sini dan kami sangat menantikan beberapa hal khusus yang telah dikirimkan untuk kami.'

“Beberapa makanan bisa dimakan dalam bentuk alami, seperti brownies dan buah-buahan,” jelasnya. “Makanan lain membutuhkan penambahan air, seperti makaroni dan keju atau spaghetti.  Tentu saja, oven disediakan di stasiun luar angkasa untuk memanaskan makanan ke suhu yang tepat.”

 “Tidak ada lemari es di luar angkasa, jadi makanan luar angkasa harus disimpan dan disiapkan dengan benar untuk menghindari pembusukan, terutama pada misi yang lebih lama,” ungkap NASA.

Baca Juga: Rayakan Thanksgiving, Astronot NASA Sediakan Menu Kalkun di Angkasa
Berdampak pada Pertanian, RI dan FAO Ingatkan Hati-hati Gunakan Antimikroba

Sementara garam dan merica juga tersedia, namun hanya tersedia dalam bentuk cair. “Astronot tidak bisa menaburkan garam dan merica pada makanan mereka di luar angkasa. Garam dan merica akan hanyut begitu saja,” kata NASA menjelaskan.

“Ada bahaya mereka bisa menyumbat ventilasi udara, mencemari peralatan atau tersangkut di mata, mulut atau hidung astronot,” tambah NASA.

Video Terkait