Mantan Menkes Merasa Janggal, Kok COVID Tiba-tiba Lenyap di Indonesia

Mantan Menkes RI, Siti Fadilah Supari (Youtube)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 26 November 2021 | 13:40 WIB

Sariagri - Mantan Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari melihat ada kejanggalan di balik lenyapnya kasus COVID-19 di Indonesia dan beberapa negara. Menurutnya hal ini sebagai sesuatu yang sungguh mengherankan.

Angka kasus COVID-19 menurun di Indonesia, bahkan negara lain seperti Jepang mengalami hal sama. Para ahli di sana sudah melakukan penelitian terkait menghilangnya virus corona.

"Memang demikian, kenapa kok tiba-tiba hilang. Sekarang di Jepang mereka sibuk sekali untuk meneliti apakah covid lenyap karena banyaknya melakukan mutasi atau karena teori lain," ujar Siti di kanal Youtube Karni Ilyas.

Di Indonesia, menurunnya kasus Covid-19 secara drastis belum diteliti secara lebih mendalam. Herd imunity yang meluas dan pelaksanaan PPKM diperkirakan jadi alasan lenyapnya kasus COVID-19 di Tanah Air, meskipun disebutkan oleh Siti Fadilah tak berbasis penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Mantan Menkes Merasa Janggal, Kok COVID Tiba-tiba Lenyap di Indonesia
PPKM Level 3 Diperpanjang, Warga DKI Jakarta Diminta Bersabar

Melihat hal ini, Siti ragu jika vaksin menjadi alasan lenyapnya COVID-19. Keraguannya muncul setelah melihat meledaknya kasus virus corona di Eropa yang mana sekitar 80-90 persen penduduknya telah disuntik vaksin.

"Kalau karena vaksin, Eropa enggak akan meledak. Jangan salah, Eropa sudah habis-habisan. Jadi kemungkinan soal vaksin sudah terjawab, covid lenyap bukan karena vaksin," jelasnya.

Video Terkait