Viral Penyakit 'Aneh' Ada Hewan Mirip Cacing di Telapak Kaki dan Mudah Menular, Begini Penjelasannya

Ilustrasi penyakit kudis. (Facebook)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 23 November 2021 | 12:20 WIB

Sariagri - Kota Batam dihebohkan dengan adanya warga terserang penyakit 'aneh'. Pasalnya, di kedua telapak kakinya terdapat sesuatu yang mirip dengan cacing.

Dalam unggahan viral itu terdapat imbauan disebut-sebut pasien terkena cacing ini kala sedang duduk-duduk di pasir saat berada di salah satu wisata pantai di Galang Batam pada Sabtu (20/11/2021) lalu.

Dikabarkan pasien terkena penyakit itu datang ke Puskesmas Sekupang Batam untuk memeriksa dan berobat. Tampak di gambar kondisi kaki pasien tersebut yang berbintik-bintik merah pekat dan sebuah video dua petugas medis seperti sedang mengeluarkan sesuatu di dua telapak kaki korban.

Sekali-kali pasien tersebut terdengar menjerit. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam Didi Kusmarjadi, mengatakan, bahwa peristiwa itu benar adanya. Namun penyakit itu bukan seperti yang sebut dalam gambar beredar di medsos.

Baca Juga: Viral Penyakit 'Aneh' Ada Hewan Mirip Cacing di Telapak Kaki dan Mudah Menular, Begini Penjelasannya
Viral Dokter Ini Makan Kotoran Sapi dan Klaim Bisa Memurnikan Tubuh dan Pikiran

"Bukan cacing dan ulat bulu ya, itu adalah scabies atau yang dikenal kudis," jelas Didi.

Didi menjelaskan penyakit 'aneh' ini digolongkan tidak terlalu berbahaya tapi dapat menular. Selain itu, jenis ini mempunyai ukuran yang sangat kecil dan dapat bersarang pada lapisan kulit manusia. Ia juga akan menggali terowongan dan bertelur di dalam kulit.

"Jadi penyakit ini sudah kerap kita tangani di puskesmas. Tak asing lagi," paparnya.

Demi mencegah terserang penyakit kudis itu, Didi memberikan tips. Di antaranya selalu bersihkan seluruh pakaian dan barang pribadi ketika ada rasa mencurigai penyakit tersebut. Bahkan seluruh pekarangan harus bersih, jika merasa terkena segera mengambil tindakan medis dan datang ke puskesmas terdekat.

Video Terkait