Mengenal Kantong Semar, Tanaman Karnivora Pemangsa Serangga

Tanaman kantong semar.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 22 November 2021 | 17:10 WIB

Sariagri - Nepenthes adalah genus tanaman karnivora yang juga dikenal dengan nama kantong semar tropis atau cangkir monyet. Tanaman karnivora ini termasuk dalam keluarga monotipe Nepenthaceae.

Genus ini terdiri dari sekitar 170 spesies yang tumbuh di daerah tropis seperti Cina Selatan, Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Keanekaragaman terbesar tanaman itu terdapat di Kalimantan, Sumatera dan Filipina dengan banyak spesies endemik. 

Dimana tempat hidupnya? 

Kantong semar ada yang hidup di tempat lembab dengan sedikit sinar matahari. Namun ada pula yang hidup di tempat terbuka dengan cahaya matahari berlimpah.

Di Indonesia terdapat sedikitnya 85 jenis tanaman ini. Habitat terbanyak berada di Kalimantan dan Sumatera.

Apa fungsi kantong pada kantong semar? 

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki ciri berupa kantong di setiap bagiannya. Sekilas kantong ini memiliki bentuk mirip piala atau tempat minum. 

Karena termasuk dalam tanaman karnivora, kehadiran kantong dalam tanaman ini memiliki fungsi penting. Kegunaan kantong itu untuk menarik perhatian, menjebak dan menangkap serangga dan calon mangsa lainnya. 

Apakah termasuk tanaman dilindungi? 

Kantong semar termasuk tanaman yang dilindungi berdasarkan Undang-undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi. 

Baca Juga: Mengenal Kantong Semar, Tanaman Karnivora Pemangsa Serangga
Bunga Edelweis, Tanaman yang Memiliki Arti dan Lambang Sejati

Menurut laman ksdae.menlhk.go.id, terdapat 85 jenis kantong semar yang tumbuh di Indonesia. Namun menurut data IUCN Red List, ada sekitar 27 spesies yang terancam punah.

Apakah beracun?

Kantong semar memang disebut sebagai tanaman karnivora yang menyantap lalat, tawon, kupu-kupu hingga serangga lainnya seperti kumbang dan ngengat. Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi manusia karena tanaman ini hanya melahap serangga.  

Video terkait:

Video Terkait