Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mudah Mengusir Nyamuk

Ilustrasi nyamuk menghisap darah (Pexels)

Editor: M Kautsar - Senin, 1 November 2021 | 19:40 WIB

Sariagri - Musim hujan banyak mendatangkan berkah tetapi tetap harus waspada. Pasalnya ketika musim hujan tiba, banyak nyamuk mulai berdatangan. 

Keadaan yang lembab dan basah paling disukai oleh nyamuk. Jika ada genangan air akan menjadi sasaran empuk tempat nyamuk berkembang biak. Dengan jumlah nyamuk yang meningkat akan berpotensi terkena penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. 

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mudah Mengusir Nyamuk
5 Tanaman Ini Sangat Cocok Dirawat Saat Musim Hujan

Penyakit demam berdarah masih menjadi masalah kesehatan di masyarakat Indonesia. Demam berdarah ini menyebar melalui gigitan nyamuk yang membawa virus dengue ke tubuh manusia. Untuk mencegah penyakit demam berdarah sebaiknya gunakan cara-cara untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Begini cara mudah mengusir nyamuk dari rumah, dikutip dari Asiaone.

1. Cek tempat genangan air

Apabila kamu memiliki wadah ember atau pot bunga yang diletakkan di luar rumah, cobalah untuk periksa apakah wadah tersebut menampung air hujan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa nyamuk sangat menyukai genangan air. 

Selain itu, kamu harus memastikan tidak ada air yang menggenang di rumah. Jika ada wadah yang menampung air hujan, segeralah buang air di dalamnya lalu tutup wadah tersebut. Bisa juga menambahkan cairan insektisida ke tempat di mana air menggenang. 

2. Tanaman pengusir nyamuk

Sejumlah tanaman dapat membantu mengusir nyamuk di dalam ruangan. Ada beberapa tanaman beraroma yang membuat rumah menjadi wangi dan juga mampu mengusir nyamuk, seperti lavender, rosemary, serai, pelargonium serta marigold.

Tanaman tersebut dikenal sebagai pengusir nyamuk. Karena nyamuk tidak menyukai wewangian yang dihasilkan dari tanaman tersebut. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman, kamu hanya perlu menaruh aroma terapi atau pengharum ruangan yang memiliki aroma seperti tanaman pengusair nyamuk.

3. Potong rumput dan gulma

Jika di rumah kamu memiliki lahan  berumput, sebaiknya wajib memeriksa secara berkala. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi tempat yang mengundang kedatangan nyamuk. Pasalnya, nyamuk sangat menyukai udara yang basah dan terhidrasi. 

Ketika rumput dan gulma tidak dipangkas, maka akan dijadikan tempat nyamuk berteduh dan bersembunyi. 

4. Tutup jendela

Ketika hujan tiba kamu wajib menutup rapat pintu dan jendela. Sebab, jika tidak ditutup akan meningkatkan kelembapan udara di dalam rumah. Dimana kelembapan merupakan kondisi yang disukai nyamuk.

Dengan menutup pintu dan jendela dapat mengurangi nyamuk yang masuk ke rumah. Meskipun selain lewat pintu dan jendela nyamuk mampu masuk dari lubang-lubang kecil yang ada di rumah.

Video Terkait