Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir, WHO: Itu Ada di Tangan Kita!

Ilustrasi orang pakai masker. (Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 29 Oktober 2021 | 18:00 WIB

Sariagri - Wabah pandemi COVID-19 sudah melanda di seluruh dunia hampir dua tahun. Oleh karenanya, pihak WHO pun memberi jawaban terkait kapan berakhirnya pandemi.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebereyesus mengatakan bahwa jawaban dari berakhirnya pandemi hanya ada di tangan kita. "Pandemi akan berakhir ketika dunia memilih untuk mengakhirinya. Itu ada di tangan kita, dimana kita memiliki semua alat yang kita butuhkan seperti alat kesehatan masyarakat yang efektif dan alat medis," ujarnya dikutip dari laman resmi WHO.

Tedros mengungkapkan kenaikan kasus yang terjadi setiap harinya bisa terjadi karena mobilitas sosial yang tak terkendali. Hal ini menyebabkan banyak orang yang tak konsisten menjalani protokol kesehatan atau aturan hingga tak mau melakukan vaksin COVID-19.

"Kenaikan kasus juga didorong oleh meningkatnya percampuran dan mobilitas sosial, penggunaan kesehatan masyarakat dan tindakan sosial yang tidak konsisten, dan penggunaan vaksin yang tidak adil," ujarnya.

Baca Juga: Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir, WHO: Itu Ada di Tangan Kita!
Musim Hujan Tiba, Begini Cara Bedakan Kamu Kena Flu Atau COVID-19

Dalam berbagai kesempatan, Tedros juga mengkritik soal kurangnya kesetaraan soal distribusi vaksin. Ia mencatat bahwa beberapa negara sudah memberikan dosis vaksin ketika, tetapi sebagian besar populasi di negara-negara kurang berkembang belum menerima dosis pertama.

Tedros menegaskan bahwa kembalinya dunia dalam keadaan normal akan bergantung pada vaksin yang didistribusikan secara adil antara negara-negara miskin dan kaya. Kini, WHO telah menetapkan target untuk menginokulasi 40 persen populasi setiap negara terhadap COVID-19 pada akhir tahun, dan 70 persen pada pertengahan 2022.