Jokowi Ungkap Tiap Tahun Terima Kelompok Tani, Ada yang Jalan Kaki ke Jakarta

Presiden Joko Widodo (Dok.Antara/Desca Lidya Natalia)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 23 September 2021 | 12:40 WIB

Sariagri - Pemerintah berkomitmen penuh menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Tanah Air, termasuk dalam memberantas mafia tanah. Hal ini untuk mewujudkan reformasi agraria dan kepastian terhadap ketersediaan ruang hidup yang adil bagi masyarakat.

"Setiap tahun saya menerima kelompok-kelompok tani yang rela jauh-jauh datang ke Jakarta -- bahkan ada yang berjalan kaki ke Jakarta -- memperjuangkan lahan-lahan mereka yang terdampak oleh konflik agraria," ujar Presiden melalui akun Instagram @jokowi, Rabu (22/9/2021).

Presiden menginstruksikan kepada jajaran Polri untuk memperjuangkan hak masyarakat dan menegakkan hukum secara tegas dalam penyelesaian konflik agraria di Tanah Air.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Tiap Tahun Terima Kelompok Tani, Ada yang Jalan Kaki ke Jakarta
Pekerjaan Tak Mudah Jaga Stabilitas Harga Pangan di Tengah Pandemi COVID-19

"Polri jangan ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada. Dan, jangan sampai juga ada aparat penegak hukum yang jadi beking mafia tanah tersebut," kata Jokowi.

Presiden menekankan perlunya kepastian hukum atas tanah untuk memberikan keadilan kepada seluruh pihak.

"Kita tidak ingin rakyat kecil tidak mempunyai kepastian hukum terhadap lahan yang menjadi sandaran hidup mereka. Kita juga tidak ingin para pengusaha tidak mempunyai kepastian hukum atas lahan usahanya," pungkasnya.

Video terkait:

Video Terkait