Sri Mulyani Putar Otak Bayar Utang Bengkak Akibat Pandemi, Segini Nilainya

Dok Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto:Kemenkeu)

Editor: Reza P - Sabtu, 4 September 2021 | 15:00 WIB

Sariagri - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terus berupaya agar pemerintah bisa membayar utang-utang, termasuk utang yang membengkak selama pandemi COVID-19. 

Untuk membayar utang tersebut, pihaknya terus mencari sumber penerimaan negara yang perlu dimaksimalkan. Sumber pembiayaan pun dicari yang paling kompetitif sehingga utang mampu dikelola dengan baik. 

“Utang harus dikelola, kalau kemarin utang jadi naik ya kita sekarang harus kelola mencari sumber pembiayaan paling kompetitif,” kata Sri Mulyani ketika menyampaikan kuliah umum secara virtual. 

Keuangan (Kemenkeu) mencatat, posisi utang pemerintah pada akhir Juli 2021 mencapai Rp 6.570,17 triliun. Rasio utang tersebut sebesar 40,51 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Posisi utang pada Juli itu meningkat sekitar Rp 15,16 triliun dibandingkan dengan posisi akhir Juni sebesar Rp 6.554,56 triliun. 

Ia juga menuturkan, pembiayaan yang paling kompetitif adalah lewat pasar surat berharga. Pemerintah bahkan meminta bantuan Bank Indonesia (BI) untuk membeli SUN dengan skema bagi-bagi beban (burden sharing). Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. 

"Kita dengan Bank Indonesia melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) I, II, III, melakukan burden sharing secara baik. Ini semua dilakukan manajemen utang yang bertanggung jawab. Tidak kemudian satu resep satu direction selesai,” ucap Sri Mulyani. 

Baca Juga: Sri Mulyani Putar Otak Bayar Utang Bengkak Akibat Pandemi, Segini Nilainya
Tunjangan Kinerja PNS Rp15 Triliun Ditiadakan Demi Penanganan COVID-19

Lebih lanjut Sri Mulyani mengatakan penarikan utang diperlukan untuk menutup defisit APBN yang melonjak 6,09 persen saat pandemi. 

Defisit disebabkan oleh melonjaknya belanja negara untuk penanganan pandemi namun penerimaan pajak merosot sebesar -14,7 persen tahun 2020. Dia pun yakin, penarikan utang bisa dibayar kembali oleh pajak-pajak yang dikumpulkan pemerintah.