Telur Asin Jadi Produk Andalan UMKM di Nagan Raya Aceh

Seorang perajin menata telur bebek di sentra produksi telur asin di Desa Geulumpang Sulu Timu, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Aceh, Jumat (11/8/2017). (Antara Aceh/Rahmad)

Editor: M Kautsar - Minggu, 22 Agustus 2021 | 06:00 WIB

Sariagri - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, kini menjadikan telur bebek asin sebagai salah satu produk andalan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu, guna mendukung pengembangan usaha lokal milik masyarakat.

“Saat ini telur bebek asin di Nagan Raya telah menjadi produk andalan lokal, karena sangat diminati oleh masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya Haji Ardi Martha di Suka Makmue, Sabtu (21/8).

Dia mengatakan, saat ini produksi telur asin yang dijalankan oleh pelaku UMKM di Nagan Raya telah mencapai di atas seribuan butir per hari.

Jumlah tersebut diharapkan ke depan akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, guna mengonsumsi telur asin sebagai konsumsi harian, atau sebagai oleh-oleh khas daerah setempat.

Agar pengembangan produk UMKM telur asin semakin berkembang, ia meminta Dinas Peternakan Kabupaten Nagan Raya memberdayakan seluruh peternak bebek di daerah itu.

Baca Juga: Telur Asin Jadi Produk Andalan UMKM di Nagan Raya Aceh
Begini Cara Toko dan Restoran Indonesia di Jeddah

Sehingga, kata dia, produksi unggas dan telur di daerah itu semakin meningkat dan berkembang, sekaligus mampu meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi.

“Pemerintah daerah berharap produk telur asin di Nagan Raya ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mampu meningkatkan perekonomian di daerah,” kata Ardi Martha.

Video Terkait