Masih Berani Hobi Gigit Kuku Usai Nonton Video Ini?

Ilustrasi gigit kuku (healthday)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 23 Juli 2021 | 12:00 WIB

SariAgri - Menggigit kuku merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan sebagian orang, baik disengaja maupun tidak. Kebiasaan ini dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Hobi menggigit kuku atau dikenal onychophagia merupakan kebiasaan seseorang yang berkaitan dengan rasa stress atau gugup. Sehingga banyak orang beranggapan bahwa menggigit kuku merupakan kebiasaan yang wajar dan tidak membahayakan. Namun, faktanya tidak seperti itu.

Mengutip dari unggahan video di Instagram @sainsmedia, ternyata kuku memiliki banyak bakteri . Orang yang hobi gigit kuku secara tidak sadar akan memakan bakteri tersebut. Sehingga bakteri akan menyebabkan beberapa penyakit pada tubuh.

Dalam video unggahannya, terlihat seorang peneliti sedang mengamati bakteri di kuku. Dengan bantuan alat mikroskop, tampak banyak sekali jenis bakteri yang ada. "Jangan menggigit kuku, (ada) bakteri," ujar akun @sainsmedia.

Mengutip dari thehealthy, patogen yang paling umum yang mengintai kuku kita adalah bakteri Staphylococcus, Streptococcus, dan Coryneform. Bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit atau saat tertelan setelah menggigit kuku.

Baca Juga: Masih Berani Hobi Gigit Kuku Usai Nonton Video Ini?
Ilmuwan Jepang Berhasil Buat Vaksin Kolera dari Beras

"Idealnya kuku harus tetap pendek, dan sering mencuci tangan harus dilakukan," kata Dr. Parikh selaku ahli imunologi dewa dan anak di NYU.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tangan yang bersih adalah satu-satunya faktor terpenting dalam mencegah penyebaran patogen dan resistensi antibiotik dalam perawatan kesehatan. Jika sedang stres yang membuat kamu ingin menggigit kuku, cobalah untuk mengalihkannya dengan beberapa teknik pernapasan.

Video Terkait