Duh! Indonesia Urutan Ke-3 Negara Paling Banyak Buang Sampah di Laut

Ilustrasi sampah plastik. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 30 Juni 2021 | 14:50 WIB

SariAgri - Sampah plastik masih menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar yang dihadapi dunia saat ini. Tapi negara mana sebenarnya yang paling banyak membuang sampah plastik ke lautan?

Baru-baru ini perusahaan pengemasan RAJA mengeluarkan laporan tentang daftar 10 negara paling banyak membuang sampah plastiknya ke laut pada tahun 2020.

Laporan tersebut menyebutkan India sebagai negara paling banyak membuang sampah plastik ke lautan dengan jumlah sekitar 126,5 juta kilogram (kg) sampah plastik per tahun, demikian dikutip dari euronews.com.

Berat sampah plastik yang dibuang oleh India setara dengan berat lebih dari 250 ribu lumba-lumba hidung botol, salah satu spesies lumba-lumba yang paling banyak ditemukan di lautan.

Sementara itu, untuk Indonesia sendiri masuk dalam urutan ketiga. Sampah plastik yang dibuang Indonesia ke laut ternyata mencapai 56,3 juta kg plastik. Kondisi ini pun pastinya sangat memprihatinkan, lantaran sampah plastik hingga kini memang masih menjadi permasalahan yang sulit diatasi, terlebih dengan dampaknya yang bisa merusak lingkungan. 

Di sisi lain, meskipun Amerika Serikat menghasilkan dua kali lipat jumlah sampah plastik ketimbang India setiap tahunnya (42 miliar kg), tapi hanya 2,4 juta kg yang berakhir di lautan.

Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa AS terkenal mengekspor limbahnya ke negara-negara lain, termasuk ke negara-negara dengan sistem pengelolaan limbah yang buruk seperti India atau tempat-tempat di Afrika serta ke negara-negara dengan sistem pengelolaan limbah yang baik.

Pada tahun 2018 Plastic Pollution Coalition melaporkan bahwa Amerika Serikat telah mengekspor 157 ribu kontainer berisi sampah plastik yang setara dengan kurang lebih 1,07 juta kg plastik.

Plastik itu dikirim ke beberapa negara pengelola sampah berkualitas baik seperti Kanada, Korea Selatan dan Taiwan. Tetapi jumlah sampah yang lebih besar juga dikirim ke negara-negara dengan sistem pengelolaan sampah yang buruk seperti Malaysia, Thailand dan India yang masing-masing mengambil 19 persen, 10 persen dan 12 persen sampah plastik AS.

Baca Juga: Duh! Indonesia Urutan Ke-3 Negara Paling Banyak Buang Sampah di Laut
Targetkan Pengelolaan Sampah 100 Persen pada 2025, Ini Strategi KLHK

Ketika negara-negara besar seperti AS mengirimkan sampah plastik mereka ke luar negeri, mereka dapat mengklaim bahwa itu telah didaur ulang. Ini memenuhi kewajiban bagi negara-negara maju untuk melakukan perubahan positif bagi lingkungan.

Berikut 10 negara yang paling banyak membuang sampah plastiknya ke laut, menurut RATA. 

  1. India – 126,5 juta kg plastik 
  2. Cina – 70,7 juta kg plastik
  3. Indonesia – 56,3 juta kg plastik
  4. Brasil – 38 juta kg plastik
  5. Thailand – 22,8 juta kg plastik
  6. Meksiko – 3,5 juta kg plastik
  7. Mesir – 2,5 juta kg plastik
  8. Amerika Serikat – 2,4 juta kg plastik
  9. Jepang – 1,8 juta kg plastik
  10. Inggris Raya – 703 ribu kg plastik