Ganjar Sambut Pesawat Citilink Mendarat Perdana di Bandara JB Soedirman

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Sariagri/Aji Dewanto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 3 Juni 2021 | 18:40 WIB

SariAgri -  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyambut Pesawat Citilink jenis ATR 72-600 pada pendaratan perdana di Bandara JB Soedirman Purbalingga, Kamis (3/6/2021).

Ganjar Pranowo dan Bupati Tiwi menyambut kru pesawat dan perwakilan penumpang dengan kalungan bunga. Sambutan dua pejabat itu bikin terharu pilot Citilink, Valerie dan mengaku senang dan bangga atas sambutan yang meriah.

"Senang sekali dengan sambutan ini. Sangat meriah,” kata pilot Citilink, Valerie Victor.

Pada pendaratan perdana ini, pesawat mengangkut 34 orang penumpang dari Bandara Juanda Surabaya. Saat ditanya soal bandara yang baru ini, Pilot Valerie mengatakan secara keseluruhan tidak ada kendala saat mendaratkan pesawat.

"Bandaranya sudah bagus, sudah layak semuanya. Dari segi teknis untuk landing dan take off sudah sangat bagus. Tidak ada kekurangan, bagus, karena tadi semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Valerie juga erharap penerbangan di bandara JB Soedirman Purbalingga ke depannya semakin ramai. Tidak hanya Citilink, sejumlah maskapai lain juga bisa memberikan pelayanan di bandara ini.

"Semoga makin ramai, semua frekuensi penerbangan semakin banyak di sini,” harapnya.

Sementara itu, Executive General Manajer Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara JB Soedirman, Catur Sudarmono mengatakan, penerbangan komersial perdana di bandara itu berjalan normal dan bagus.

"Setelah dibuka secara komersial, maka ke depan dipastikan akan banyak lagi maskapai yang melayani penerbangan ke bandara ini. Sudah ada beberapa maskapai yang berminat, namun belum mengajukan secara resmi," ujar Catur.

Bangga Purbalingga

Salah seorang penumpang dalam penerbangan perdana itu, Aditya, warga asal Purbalingga mengaku bangga dengan kotanya karena telah memiliki bandara yang bagus.

"Senang sekali rasanya. Alhamdulillah sudah ada bandara di sini dan kami jadi penumpang pertama. Apalagi, ini disambut langsung sama pak Ganjar. Senang sekali rasanya,” kata Aditya.

Aditya yang biasa kerja di Surabaya biasanya pulang kampung ke tempat istrinya di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang Purbalingga menggunakan moda kereta api atau bus. Perjalanan yang harus ditempuhnya bisa 9-10 jam.

"Tapi sekarang cepat, tadi saja cuma satu jam lebih sedikit. Jadi membantu sekali, lebih cepat. Jadi, saya kali ini mengajak anak saya baru pulang kampung pertama kali buat anak saya, karena naik pesawat, jadi lebih nyaman saya mengajaknya,” ucapnya.

Geliatkan Ekonomi

Ganjar Pranowo disela menyambut pendaratan perdana pesawat Citilink meminta Bupati Purbalingga lebih kreatif untuk menggeliatkan perekonomian salah satunya mengembangkan sektor pariwisata.

"Bandara ini menjadi satu berkah yang kita harapkan. Betul-betul untuk masyarakat Purbalingga dan sekitarnya seperti Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Cilacap dan Pemalang. Tapi setelah ini jadi, kedepan mau apa. Dengan penerbangan yang belum ramai, maka harus dicarikan ide-ide kreatif," kata Ganjar, Kamis (3/6).

Ganjar menambahkan, pengembangan pariwisata adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meramaikan kunjungan ke daerah itu.

"Kalau bisa kembangkan pariwisata terbatas, misalnya menggelar sport tourism di sini atau kegiatan lain. Kalau itu bisa jalan, maka orang Jakarta, orang Surabaya dan lainnya tertarik untuk datang," jelasnya.

Paket-paket wisata lanjut Ganjar bisa dibuat di daerah Purbalingga. Misalnya siapa yang mau marathon, bersepeda atau arung jeram. Pengembangan paket-paket wisata itu diyakininya bisa menarik minat pengunjung.

"Di sini punya banyak potensi yang bisa dikembangkan. Kita bisa kerjasama dengan maskapai penerbangan, kemudian dengan pariwisata, pelaku UMKM untuk membuat paket-paket wisata yang bagus," tegasnya.

Ia berharap Bupati Purbalingga dan bupati-bupati di sekitar Purbalingga bisa berkoordinasi dan bekerjasama.

"Saya harap para Bupati yang ada di kawasan ini segera berkoordinasi. Tadi sudah banyak ide-ide yang muncul dan tinggal dilaksanakan. Saya dukung sepenuhnya," pungkas Ganjar.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, bandara JB Soedirman merupakan harapan masyarakat Purbalingga sejak lama. Sejak 15 tahun, warga menantikan bandara ini beroperasi.

Baca Juga: Ganjar Sambut Pesawat Citilink Mendarat Perdana di Bandara JB Soedirman
Semarang Lakukan Ekspor Perdana Daun Talas Kering ke Australia

"Sekarang impian itu terwujud dan sekarang sudah beroperasi. Semoga ini bisa mendongkrak ekonomi masyarakat kami," katanya.

Bupati Tiwi berharap ke depan tak hanya pesawat jenis ATR 72-600 yang mendarat di bandara itu. Namun nantinya, pesawat-pesawat besar seperti Boeing juga bisa mendarat di bandara JBS.