USU Buat Handsanitizer yang Diklaim Beri Perlindungan 99 Persen dari Kuman

Tim Inovasi Mitigasi COVID-19 Universitas Sumatera Utara (USU). (Antara/HO)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 28 Mei 2021 | 22:30 WIB

SariAgri - Handsanitizer digunakan masyarakat untuk melindingi dari kuman terutama di tangan. Tim Inovasi Mitigasi COVID-19 Universitas Sumatera Utara (USU) memproduksi handsanitizer yang diyakini lebih stabil dan efektif dalam perlindungan terhadap kuman.

"Saat ini produk handsanitizer itu masih dipakai untuk internal kampus," ujar Ketua Tim Inovasi Mitigasi COVID-19 USU, Apt.Imam Bagus Sumantri.

Dia mengatakan, produksi handsanitizer itu dapat memberikan perlindungan 99 persen terhadap kuman terutama di tangan. Karena tangan merupakan organ tubuh yang selalu bersentuhan dengan apapun.

Handsanitizer itu telah melalui beberapa pengujian di mana hasilnya lebih stabil dibanding handsanitizer lainnya.

"Kestabilan itu akan terus tetap terjaga walaupun kondisinya dalam panas ekstrem atau bisa dikatakan kondisinya tidak sesuai dengan penyimpanan, tapi kadar alkohol di dalamnya tetap kami upayakan setinggi 70 persen," katanya.

Baca Juga: USU Buat Handsanitizer yang Diklaim Beri Perlindungan 99 Persen dari Kuman
Sering Salah, Begini Cara Tepat Memilih Produk Hand Sanitizer

Sumantri berharap, ke depan sudah siap untuk diproduksi massal dan bisa digunakan masyarakat dengan harga terjangkau.

Saat ini masih pemakaian secara internal, namun merek sudah didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM dan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

"Kita telah memproduksi secara massal skala industri bekerja sama dengan salah satu industri punya alumni. Kita bisa memproduksi 1.000 liter atau setara dengan 10.000 botol, namun masih digunakan di lingkup USU," katanya.

Video terkait:

Video Terkait