Waduh! Delapan Singa di India Positif Covid-19

Singa India di Kebun Binatang

Penulis: Yoyok, Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 5 Mei 2021 | 11:45 WIB

SariAgri - Delapan singa Asia di kebun binatang India, tepatnya di Taman Zoologi Nehru, negara bagian Hyderabad, India bagian selatan, dinyatakan positif Covid-19. Namun, pemerintah India menyatakan tidak ada bukti bahwa hewan dapat menulari penyakit ke manusia.

Tim dokter mengambil sampel setelah para hewan ini menunjukkan tanda-tanda gangguan pernapasan

 "Delapan singa telah diisolasi. Perawatan yang diperlukan dan tepat telah diberikan," bunyi pernyataan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Hutan, dan Perubahan Iklim India, seperti dikutip sejumlah media, Rabu (5/5).

Saat ini kedelapan singa itu menanggapi perawatan dan sedang dalam kondisi yang baik. "Analisis lebih lanjut dari sampel menunjukkan bahwa infeksi itu tidak disebabkan oleh varian (virus Covid-19) apa pun yang dikhawatirkan," kata pernyataan itu.

Taman Zoologi Nehru saat ini ditutup untuk pengunjung dan imbauan telah dikeluarkan untuk institusi lain yang menampung hewan. 

"Berdasarkan pengalaman dengan hewan kebun binatang di tempat lain di dunia yang pernah mengalami SARS-COV2 positif tahun lalu, tidak ada bukti faktual bahwa hewan dapat menularkan penyakit lebih jauh ke manusia," kata kementerian itu.

Baca Juga: Waduh! Delapan Singa di India Positif Covid-19
Dibuka Melemah, Rupiah Diperkirakan Bakal Perkasa

Wabah penyakit Covid-19 di India tengah menjadi sorotan lantaran lonjakan infeksi yang terjadi setiap harinya. Kasus Covid-19 pada manusia di India tercatat sudah menembus angka 20 juta.

India melaporkan lebih dari 300.000 kasus harian Covid-19 selama 13 hari berturut-turut dan kini mencapai 20 juta kasus secara keseluruhan, tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.