Hati-hati Penipuan, Ada Akun FB Palsu Walikota Bogor Bima Arya Tawarkan KUR

Akun Facebook yang mengatasnamakan Walikota Bogor (Dok: Kominfo Pemkot Bogor)

Penulis: Andry, Editor: Reza P - Rabu, 28 April 2021 | 12:20 WIB

SariAgri - Akun palsu Facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor, Bima Arya kembali memposting informasi hoaks atau bohong. Akun dengan nama Bima Arya S itu memposting tawaran  yang isinya menawarkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dalam postingannya 16 April 2021, akun Bima Arya S menawarkan KUR Rp 5 juta - Rp 100 juta dengan bunga 0 persen, 50 persen angsurannya dibantu subsidi pemerintah lengkap dengan tabel angsurannya.

“Assalamualaikum wr, wb. sebelumnya saya minta maaf buat bapak/ibu. di sini saya hanya sebagai penjamin warga bila mana ada yang mengajukan, dan saya hanya bagian merekomindasikan warga saya..terima kasih..wassalamualaikum wr, wb,” tulis akun Bima Arya S dalam salah satu balasan komentarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor, Samson Purba menegaskan, bahwa informasi yang tersebar dari akun Facebook Bima Arya S itu dipastikan hoaks. 

“Dikatakan disitu ada dana pinjaman KUR dengan mendapatkan subsidi dari pemerintah, bayar pokoknya saja. Itu sudah dipastikan hoaks yah. Kalau dari pemerintah dana KUR itu jelas, bahwa suku pinjamannya 6 persen, plafonnya sampai dengan Rp 100 juta tanpa jaminan, yang penting usahanya ada,” kata Samson Purba.  

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat menyatakan, akun Facebook Bima Arya S yang menawarkan KUR adalah akun palsu. Rahmat menegaskan, akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Bogor, Bima Arya adalah modus penipuan.

Untuk itu ia meminta agar masyarakat lebih berhati-hati ketika ada akun yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya.

“Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang didapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Baca Juga: Hati-hati Penipuan, Ada Akun FB Palsu Walikota Bogor Bima Arya Tawarkan KUR
BRI Salurkan Rp562 Triliun untuk Aktivitas Bisnis Berkelanjutan

Apabila menerima informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor, Bima Arya melalui media sosial, diharapkan untuk mengabaikannya dan segera melaporkan melalui Aplikasi Si Badra.

“Aplikasi ini dapat diunduh di playstore/appstore, atau mengirimkan pesan aduan ke akun Instagram @kominfobogor,” ujarnya.