Tak Banyak yang Tahu, Cangkang Telur Ternyata Bisa Usir Kecoak dan Tikus

Ilustrasi cangkang telur (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 23 April 2021 | 14:30 WIB

SariAgri - Cangkang telur kerap dibuang begitu saja sebagai limbah, padahal cangkang telur masih bisa dimanfaatkan.

Siapa sangka, limbah yang satu ini ternyata bisa mengusir kecoak dan tikus. Caranya pun terbilang mudah, yaitu dengan mengeringkan dan menghaluskan cangkang telur hingga menjadi bubuk. Lalu menaburkannya pada hama yg ditemui di rumah.

Bahkan kamu juga bisa menaburkan bubuk kulit telur itu pada daun tanaman yang telah dirusak hama. Cukup ditaburkan di sekitar permukaan tanah tanaman saja.

Cangkang telur juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk yaitu dengan menumbuknya, kemudian dicampur dengan kulit buah-buahan, daun yang telah layu, sisa batang sayuran dan tanah secukupnya. Setelah merata, gali tanah di sekitar rumah dan benamkan campuran pupuk kompos ini ke dalam tanah.

Seperti diketahui, cangkang telur mengandung kalsium, zat besi dan mineral sehingga bisa dijadikan sebagai tambahan pakan ternak, namun cangkang perlu dihancurkan terlebih dahulu, lalu dicampurkan ke dalam makanan hewan yang telah kamu siapkan.

Adapun manfaat lain dari cangkang telur yaitu baik untuk kecantikan kulit. Akan tetapi kamu wajib membersihkan dan mengeringkannya terlebih dahulu yah agar cangkang tetap steril, setelah itu baru dihaluskan.

Berikut manfaat cangkang telur untuk kecantikan kulit dan cara menggunakannya:

• Membersihkan kulit: sediakan 3 sdm bubuk cangkang telur dan campurkan dengan madu. Ketika sudah tercampur, oleskan pada bagian wajah.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Cangkang Telur Ternyata Bisa Usir Kecoak dan Tikus
Tepung Telur, Solusi Tepat Saat Harga Sedang Tak Bersahabat

• Mencerahkan kulit: sisakan putih telur dan campurkan dengan 1 sendok bubuk, kemudian aplikasikan pada bagian kulit. Biarkan mengering lalu bilas dengan air

• Meremajakan kulit: campurkan bubuk dengan 1 sdm putih telur dan sdt gula merah, oleskan pada kulit

Adapun mujarab lain dari cangkang telur yaitu dapat menyembuhkan luka pada kulit (infeksi). 

Bubuknya bisa kamu masukkan ke dalam mangkuk dan dicampur dengan cuka apel. Diamkan beberapa jam, kemudian olesakan campuran itu pada luka atau bagian kulit yang iritasi. Dijamin deh infeksimu akan sembuh dalam hitungan menit!

Video Terkait