A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/opt/alt/php80/var/lib/php/session/ci_session90ep8mcpcep7ofb5dnpal4huhj3rfbft): Failed to open stream: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /opt/alt/php80/var/lib/php/session)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Waspada! Ini 8 Tanda Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari - News sariagri.id

Waspada! Ini 8 Tanda Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

Ilustrasi Nyeri Dada (Freepik)

Editor: Dera - Kamis, 22 April 2021 | 12:00 WIB

SariAgri - Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang berada di dalam pembuluh darah. Peranannya sangat penting bagi tubuh, karena membantu dalam pertumbuhan sel-sel sehat, memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan juga asam empedu.

Namun meski dikatakan penting, kadar kolesterol yang terlalu tinggi meningkatkan risiko terkena penyempitan arteri dan penggumpalan darah di bagian tubuh tertentu. Hal ini bisa mengakibatkan munculnya penyakit serius seperti, stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi sebagai bentuk kewaspadaan agar tidak telat dalam penanganan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kondisi yang bisa jadi tanda gejala kolesterol tinggi yang harus kamu ketahui.

1. Mudah lelah

Gejala kolesterol tinggi sebenarnya memang tidak spesifik, tapi biasanya beberapa kondisi seperti rasa mudah lelah bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Hal itu terjadi karena dampak dari munculnya plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh.

2. Mudah mengantuk

Tanda yang kedua adalah mudah mengantuk. Selain merasa mudah lelah, salah satu dampak tidak langsung dari kolesterol tinggi dan adanya sumbatan pada pembuluh darah adalah mudah mengantuk. Ini terjadi disebabkan jumlah asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang.

3. Nyeri kaki

Sama halnya dengan penyebab rasa lelah akibat kolesterol tinggi, penumpukan plak yang terjadi pada pembuluh darah di kaki, menyebabkan sumbatan sehingga mengakibatkan rasa sakit atau nyeri di bagian kaki.

4. Nyeri tengkuk

Pada kenyataannya, keluhan ini menjadi yang cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi. Penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher bisa menyebabkan sakit atau nyeri otot dan saraf disekitar leher. Hal ini dikarenakan penumpukan plak bisa menghalangi aliran darah dari leher menuju ke otak.

5. Nyeri dada

Salah satu gejala kolesterol tinggi yang paling sering dialami adalah nyeri pada dada atau disebut dengan angina. Penumpukan plak di pembuluh darah arteri ini menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terhambat.

Parahnya lagi, jika penyumbatan terjadi secara total maka akan terjadi serangan jantung. Nyeri dada ini mengacu pada rasa berat, sesak dan tertekan pada dada. Sensasi sakitnya pun beragam, bisa terasa seperti terbakar atau mati rasa pada dada.

6. Adanya xanthomata

Xanthomata adalah kondisi di mana lemak berkembang di bawah kulit berbentuk benjolan. Benjolan ini umumnya muncul pada persendian seperti lutut dan siku, namun terkadang juga bisa muncul di kaki, tangan dan bokong. Ukuran xanthomata pun bermacam-macam, adanya yang sekecil jerawat sampai sebesar anggur. Meski berkembang seperti benjolan, tapi penderita tidak akan merasakan sakit.

7. Terjadi xanthelasma

Tingginya kolesterol dalam darah juga dapat ditandai dengan adanya tanda xantgelasma, yakni bercak-bercak kuning di bawah kelopak mata.

Baca Juga: Waspada! Ini 8 Tanda Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari
Waspada! 6 Penyakit Ini Kerap Dialami Saat Berpuasa

8. Gumpalan di urat

Jika penderita kadar kolesterol tinggi karena faktor genetik, maka penumpukan kolesterol kadang terlihat di kulit seperti gumpalan separuh biji kacang yang bisa dilihat dan dirasakan pada urat dekat buku jari.

Jangan anggap sepele jika ada tanda seperti yang dijelaskan di atas. Sebelum terlambat, tidak ada salahnya agar kita waspada terhadap penyakit kolesterol tinggi. Untuk lebih pastinya lagi, kamu bisa tes darah secara rutin untuk mengetahui kondisi kolesterol dalam darah dalam keadaan normal atau tinggi.