IHSG Berpeluang Berbalik Arah Menguat

Ilustrasi Gedung Bursa Efek Indonesia (Istimewa)

Editor: Yoyok - Kamis, 18 Maret 2021 | 09:16 WIB

SariAgri - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, pada Kamis (18/3), dibuka menguat 32,35 poin atau 0,52 persen ke posisi 6.309,58. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 8,9 poin atau 0,95 persen ke posisi 948,53.

Sejumlah analis memperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini berpeluang untuk berbalik arah menguat, setelah kemarin kembali terkoreksi 0,51 persen ke level 6.277.

Menurut analis PT Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, saat ini indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD), Stochastic, dan Relative Strength Index (RSI) bergerak di area netral. Berdasarkan rasio fibonacci, IHSG memiliki kisaran support-resistance di level 6.254-6.307.

"Pergerakan IHSG telah menguji garis Moving Average 20-Day (MA20), sehingga peluang terjadinya penguatan minimal menuju level resistance masih terbuka lebar," ucap Nafan di Jakarta, Kamis (18/3).

Nafan merekemondasikan investor untuk mengakumulasi pembelian saham AALI, ASII, ASRI, BBNI, EXCL, dan PSAB.

Sementara itu, analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, mengatakan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan kembali tertekan menuju level support 6.244.

Dia menyebutkan, IHSG bergerak terkonfirmasi break out level support MA5 dan MA20, sehingga tekanan bearish masih cukup tinggi yang kembali mendekati support MA50 dan bullish trend line.

Baca Juga: IHSG Berpeluang Berbalik Arah Menguat
Sempat Dibuka Menguat, IHSG Berakhir Melemah

Lanjar menyatakan, saat ini indikator Stochastic terkonsolidasi negatif dan MACD bergerak flat pada area middle. "Sehingga, IHSG masih berpotensi tertekan dengan support-resistance di level 6.244-6.350," jelesnya.

Menurutnya, pergerakan IHSG hari ini bisa disikapi investor dengan mengoleksi saham ADHI, ANTM, INCO, INTP, PTPP, WIKA, WSKT, dan WTON.