Atalia Kamil Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan

Atalia Praratya Ridwan Kamil, apresiasi gerakan Saurang Melak Satangkal. (Instagram Atalia)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 9 Maret 2021 | 16:50 WIB

SariAgri -  Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Ridwan Kamil, apresiasi gerakan "Saurang Melak Satangkal" yang sudah berlangsung di Kabupaten Pangandaran.

"Kabupaten Pangandaran ini juga sudah gercep ada gerakan yang namanya gerakan Saurang Melak Satangkal ini luar biasa saat itu saya kira ini di tiga lokasi secara terus-menerus konsisten di Nusawiru, Bojong Salawe, dan Karang Tirta," ujarnya saat melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pangandaran masa bakti 2021-2026 di Taman Sagati Margacinta, Sabtu (6/3/2021).

Atalia juga berkesempatan untuk menebar 75 ribu bibit udang dan 2.800 bibit ikan nila di Pangandaran. Atalia menyatakan, pihaknya akan mengembangkan program Gerakan Menanam Bersama Insan Pramuka (Gembira) untuk mengajak generasi muda peduli akan kondisi lingkungan dan ketahanan pangan.

"Dengan luasnya alam Pangandaran ini saya kira bisa dimanfaatkan bagi generasi muda kita. Hal ini penting sekali untuk anak-anak muda kita terbiasa untuk menanam karena selama ini mereka tidak mau menanam, karena mereka tidak pernah diajarkan," katanya.

Sebelumnya dalam pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Banjar masa bakti 2020-2025, Atalia bersama pengurus Kwarda Pramuka Jabar dan Kwarcab Kota Banjar melakukan penanaman 1.200 bibit pohon di Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari. Kak Atalia juga membagikan bibit pohon kepada masyarakat sekitar.

"Kegiatan dirangkaikan dengan berbagi program seperti penanaman pohon sudah sangat masif dilakukan oleh Mabicab, tadi sebanyak 1.200 pohon," ucap Kak Atalia.

Penanaman bibit pohon di Bojongkantong bertujuan untuk membudidayakan tumbuhan produktif atau bibit unggul, seperti durian, belimbing, alpukat, dan jambu kristal.

"Saya kira ini bisa jadi inspirasi bagi daerah lain," tuturnya.

Tak hanya itu, Kwarda Pramuka Jabar dan Kwarcab Pramuka Kota Banjar juga menebar 75 ribu bibit ikan di Situ Leutik Desa Cibeureum. Bibit ikan merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar.

Ketua Mabicab Pramuka Kota Banjar Ade Uu Sukaesih mengatakan, pihaknya menargetkan penamanan pohon sebanyak 1 juta bibit. Maka satu orang dari 200 ribu penduduk Banjar harus menanam pohon sebanyak empat buah.

Bersama Pemkot Banjar, kata Ade, Kwarcab Pramuka Jabar akan gencar menyosialisasikan dan melakukan penyerahan bibit pohon kepada masyarakat.

"Bibit pohon sudah tersedia, kita punya target satu orang menanam empat pohon. Maka, 200 ribu penduduk Banjar dikali empat pohon menjadi 1 juta pohon tertanam," kata Ade.

Baca Juga: Atalia Kamil Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan
Agroeduwisata Kebun Bibit Cilangkap Destinasi Wisata Pertanian Ibu Kota

Sementara itu untuk mendukung kegiatan pramuka, pihaknya sudah menyediakan lahan seluas 1 hektare di Bojongsari dan 2 hektare di Pataruman untuk dijadikan bumi perkemahan.

"Tanah di Bojongsari akan disiapkan untuk bumi perkemahan Kwartir Ranting Langensari seluas 1 hektare dan Kwartir Ranting Pataruman 2 hektare, semuanya hasil dari swadaya anggota gerakan pramuka kwartir ranting masing-masing," tutur Ade.

Video Terkait