IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan

Ilustrasi Gedung Bursa Efek Indonesia (Istimewa)

Editor: Yoyok - Selasa, 2 Maret 2021 | 09:10 WIB

SariAgri - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/3), dibuka menguat 28,93 poin atau 0,46 persen ke posisi 6.367,44.

Sejumlah analis memperkirakan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan pada perdagangan hari ini berpeluang untuk melanjutkan pola kenaikan, setelah kemarin bermain di zona hijau dan berakhir menguat 1,55 persen ke level 6.338.

Menurut analis PT Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, sejauh ini indikator Moving Average Convergence Divergence (MACD), Stochastic, dan Relative Strength Index (RSI) masih menunjukkan sinyal positif. Berdasarkan rasio fibonacci, IHSG memiliki kisaran support-resistance di level 6.256-6.351.

"Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG , sehingga indeks berpeluang menuju level resistance," ujar Nafan di Jakarta, Selasa (2/3).

Dia mengatakan, adanya potensi penguatan lanjutan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengakumulasi pembelian saham ACES, AKRA, HOKI, INTP, KRAS, dan TINS.

Perkiraan senada disampaikan analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, yang menyebutkan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan melanjutkan pola penguatan menuju level resistance 6.378 sedangkan level support IHSG berada di posisi 6.202.

Baca Juga: IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan
Inflasi Stabil, IHSG Ditutup Menguat

William mengungkapkan, sejauh ini pola pergerakan IHSG masih diwarnai sentimen positif dari berita di dalam negeri, seperti stimulus yang dapat menjadi penunjang perekonomian, serta stabilnya kondisi perekonomian domestik.

"Jika IHSG dapat dipertahankan di atas level resistance terdekat, indeks masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendek. Hari ini IHSG berpotensi bergerak menguat," ucap William.

William merekomendasikan investor untuk mengoleksi saham BBCA, PWON, ASII, BBNI, SMRA, KLBF, dan JSMR.