Bantuan Sosial Berupa Ayam Hidup Ramaikan Cianjur

Salah satu warga penerima bantuan ayam hidup di Cianjur (Sariagri / Lingga Sura P)

Editor: Andry - Rabu, 27 Januari 2021 | 19:00 WIB

SariAgri - Penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Sembako Non Tunai (BSNT) bulan Januari 2021 ini di Kecamatan Pagelaran Cianjur , Jawa Barat  memang tidak seperti biasanya. Ada yang berbeda yaitu adanya 1 ayam kampung hidup yang diterima warga dalam paket bantuan. Selain ayam hidup, Warga Pagelaran juga menerima  enam butir telur,  wortel setengah kilogram, satu bungkus tahu , empat butir jeruk serta bantuan pangan berupa beras sebanyak sembilan kilogram.

Adanya ayam hidup dalam bantuan sosial ini sempat menimbulkan kehebohan. Namun hal ini menurut Camat Pagelaran , Deni Widya Lesmana dan sejumlah warga, terjadi karena warga penerima manfaat berinisiatif secara musyawarah  menghendaki salah satu bentuk komiditi bantuannya berupa ayam hidup . Adapun ayam kampung (bukan ras) yang dibagikan ini bobot yang diminta 1 kg. Warga beralasan , ayam hidup bisa dipelihara dan diternakan ataupun disembelih dalam keadaan segar.

“ Kami merasa senang saja dapat ayam hidup. Kami bisa memeliharanya dan kalau perlu bisa disembelih atau dijual,“ kata satu keluarga penerima manfaat BPNT

Sempat beredar berita, adanya keluarga penerima manfaat mendapatkan penyaluran ayam yang mati setelah diterima, namun dibantah pihak kecamatan. Pihak kecamatan mengaku hingga saat ini tidak ada keluhan dari warga yang diterima di kantor kecamatan.

“ Penyaluran ayam hidup ini hanya disalurkan di sebelas desa sesuai keinginan keluarga penerima manfaaat, tiga desa lainnya mendapatkan penyaluran daging sapi, “ kata Deni Widya Lesmana.

Deni mengungkapkan, bantuan ini hasil koordinasi dengan semua pihak dan tidak ada yang melanggar pedoman umum penyaluran BPNT. Pemberian ayam hidup memang tidak tertulis secara tegas dalam pedoman umum penyaluran BNPT. Dalam pedoman umum hanya dinyatakan penyaluran BPNT dan BSNT harus mengandung unsur protein nabati, hewani dan buah-buahan serta sayur-sayuran. Selain itu tidak ada keluarga penerima manfaat merasa dirugikan.

 

Video Terkait



Baca Juga: Bantuan Sosial Berupa Ayam Hidup Ramaikan Cianjur
Ribuan KPM Program BPNT Kemensos Terima Ayam Hidup