Usai Dilantik, Mensos Berikan Bantuan ke Penyandang Disabilitas di Ponorogo

Mensos, Tri Rismaharini berikan bantuan ke penyandang disabilitas di Ponorogo, Jawa Timur (SariAgri/Arief L)

Editor: Arya Pandora - Senin, 28 Desember 2020 | 11:20 WIB

SariAgri -  Usai dilantik Presiden Joko Widodo, sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini langsung tancap gas, dengan melaksanakan program kerja Kementerian Sosial (Kemensos). Salah satunya menyalurkan bantuan sosial kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Rumah Kasih Sayang di Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako untuk para penyandang disabilitas tuna grahita, diantaranya bantuan kursi roda anak, walker, kruk, alat pelindung diri, alat peraga edukasi, dan bantuan kebutuhan dasar dan peralatan belajar anak.

“Ini sambil perjalanan pulang ke Surabaya dari Jakarta, sekalian jalan untuk memberikan bantuan ke Ponorogo. Saya pernah dengar ada warga yang menurut saya harus diperhatikan. saya mendengar di Ponorogo ini, ada banyak penyandang disabilitas yang perlu bantuan dan ini menurut saya memang tidak bisa dibiarkan, jadi sudah seharusnya dibantu. Sebab kalau dibiarkan, makin lama semakin berat penderitaanya, jadi kasihan,” Papar Risma sapaan akrab Tri Rismaharini kepada SariAgri.

Dalam kesempatan itu pula, Mensos juga menyerahkan bantuan serupa kepada warga penyandang disabilitas yang ada di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.

Risma menyebut para penyandang disabilitas di Kabupaten Ponorogo jumlahnya mencapai ratusan. Mereka ini, imbuh Risma, perlu diperhatikan agar tidak terus bergantung pada orang lain.

Karena itu wajib pihaknya membantu dengan memberikan bantuan usaha. Salah satunya dengan memberikan bantuan bibit lele sebagai upaya memulai usaha berternak bagi para difabel ini agar tetap bisa produktif.

“Saya juga bawa bibit lele, untuk dibudidayakan. Nanti kita lihat progresnya, kalau bagus ya bisa diberdayakan untuk yang lainnya,” katanya.

Risma yakin dengan pengalamannya sebelumnya sebagai Walikota Surabaya, yakin bisa menyelesaikan masalah ini. Menurutnya upaya tersebut memang berat, namun itulah yang akan menjadi tugas dari Kemensos.

Jadi tidak bisa melihat kondisi seperti ini hanya diam saja. Risma mengaku pihaknya akan terus berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah Ponorogo. Selain itu juga akan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, untuk penanganan dari sisi kesehatannya.

“Ini sebagai percontohan dan mari kita lihat progresnya. Jika berhasil baik, maka ini bisa dikembangkan ke daerah lain. Saya optimis jika bersama-sama kita semua bisa mengentas saudara-saudara kita yang menyandang disabilitas ini, “ paparnya.

Mensos berharap para warga berkebutuhan khusus ini terus mendapat dukungan dari semua pihak, agar permasalahan sosial ini dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga: Usai Dilantik, Mensos Berikan Bantuan ke Penyandang Disabilitas di Ponorogo
10 Kementerian dengan Anggaran Tertinggi 2021, Kementan Nomor Berapa?

“Perhatian ini saya pengen sustainable, bisa dijaga. Sehingga teman-teman dari kemensos akan terus berkomunikasi dengan Pemda. Kami juga akan kerjasama dengan Kemenkes untuk penanganan kesehatannya,” pungkasnya.

Selain memberi bantuan di Desa Krebet Kecamatan Jambon, Risma yang juga didampingi oleh Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat juga memberikan bantuan di Rumah Harapan di Desa Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. (Arief L/ SariAgri Jawa Timur)