Ganjar Pranowo Siap Genjot Perekonomian Ekonomi Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memamerkan uang pecahan Rp75.000 (Foto: Pemprov Jateng)

Editor: M Kautsar - Kamis, 26 November 2020 | 15:30 WIB

SariAgri - Gubernur jawa tengah Ganjar Pranowo siap melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo terkait penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi hingga reformasi struktural.

"Kita akan segera tancap gas dan bergerak sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Terutama terkait pengarahan anggaran untuk mempercepat geliat ekonomi," ujar Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/11).

Menurut Ganjar, saat pihaknya tengah mengambil ancang-ancang untuk bergerak. Hanya saja, Ganjar mengungkap hingga kini pihaknya belum menerima besaran alokasi APBD 2021.

"Kami ngejar-ngejar terus dari Kemendagri karena sudah lebih 15 hari belum turun-turun soal besaran APBD Jateng," kata Ganjar.

Ganjar menegaskan, jika besaran alokasi APBN 2021 dari Kemendagri sudah turun maka diharapkan Desember sudah ada mulai pelelangan.

"Maka kalau dari pusat sudah muncul dan segera disampaikan, kita berharap Desember sudah mulai dilelang. Kalau bisa berjalan Januari atau Februari, maka bisa mulai menjalankan roda ekonomi di Jawa Tengah," tambah dia.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa APBN 2021 sebesar Rp 2.750 T. Alokasi ini menurut Jokowi, tumbuh 0,4 persen dari APBN 2020.

Jokowi menginstruksikan kepada kementerian, lembaga hingga pemerintah daerah untuk menerapkan kecepatan, ketepatan dan akurasi dalam pengambilan kebijakan pada TA 2021. (Sariagri/Aji Dewanto)