Mendag Ajak Konsumen untuk Cerdas Bertransaksi Online

Ilustrasi bisnis online (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 10 November 2020 | 17:15 WIB

SariAgri - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Virtual Expo 2020 mengusung tema “Cerdas Bertransaksi Online”. Menteri Perdagangan Agus mengatakan menyebut gelaran ini merupakan inovasi pemanfaatan teknologi kemendag guna menyiasati kondisi pandemi COVID-19.

“Kemendag memperingati harkonas dengan memanfaatkan ruang teknologi dan informasi dalam upaya memberikan pemahaman kepada konsumen mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam bertransaksi khususnya secara online, seperti meneliti karakter pelaku usaha, melihat spesifikasi barang atau jasa yang dibeli, serta memastikan pelaku usaha memiliki akses untuk pengaduan konsumen," ujar Agus, Selasa (10/11/2020).

Harkonas Virtual Expo 2020 menggunakan animasi gerakan dengan visual 360 agar pengunjung bisa menjelajah ke seluruh ruangan. Gelaran ini diikuti 37 peserta dari instansi atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, loka pasar (marketplace), ritel, perhotelan, transportasi, dan lainnya.

Para peserta menampilkan secara virtual mengenai informasi cerdas bertransaksi secara online yang dilengkapi dengan kuis berhadiah agar menarik para konsumen.

Pameran virtual ini juga menghadirkan ‘Lorong Edukasi’ yang berisikan delapan tema edukasi konsumen, yaitu “Teliti Sebelum Membeli”, “Pilih Produk Ber-SNI”, “Aku, Kamu, Kita Konsumen Cerdas”, “Cek Tanggal Kadaluarsa”, “Cegah Kecurangan, Bangun Kepercayaan”, “Timbangan Aja Butuh Kepastian Masa Kamu Nggak”, “Jika Berhasil Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri Kelak Produk Indonesia akan Berjaya”, serta “Berakar Legal, Berbatang Tertib Ukur, Berbuah Perlindungan Konsumen”.

Baca Juga: Mendag Ajak Konsumen untuk Cerdas Bertransaksi Online
Pemahaman Hak Konsumen Kunci Transaksi Elektronik yang Aman

Agus berharap masyarakat dapat terlibat dalam gelaran ini sehingga mendorong upaya perlindungan dan pemberdayaan konsumen. Peran konsumen, lanjut dia, sangat besar dalam pembangunan ekonomi sehingga perlu ditingkatkan upaya perlindungan dan keamanan konsumen saat bertransaksi secara online.

Harkonas Virtual Expo berlangsung mulai 6 November 2020 hingga 31 Desember 2020, dengan puncak acara pada 12 Desember 2020. Seluruh kegiatan akan melibatkan masyarakat dan dilakukan secara virtual.(Dwi Rachmawati)

Video Terkait