Lumbung Pangan Jatim Tetap Beroperasi, Pasca 22 Karyawan Terkena COVID-19

Sejumlah karyawan berada di depan gerban Lumbung Pangan Jatim, Surabaya (SariAgri/Arief )

Penulis: Arya Pandora, Editor: Rojes Saragih - Jumat, 21 Agustus 2020 | 16:00 WIB

SariAgri -  Sedikitnya 22 karyawan di Lumbung pangan Jatim (LPJ) terkonfirmasi positif virus corona atau Covid 19. Seluruh karyawan yang terpapar Covid-19 ini, merupakan tenaga administrasi bagian penjualan online dan tidak ada kontak langsung dengan produk yang dijual.

Penegasan ini, disampaikan Erlangga Satriagung, Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU), pengelola Lumbung Pangan Jatim saat dikonfirmasi SariAgri di Surabaya, Jawa Timur, Jum’at (21/8).

Terungkapnya kasus ini bermula dari adanya satu karyawan yang positif virus corona atau Covid 19, usai menjalani swab test mandiri pada 10 Agustus 2020. Dari temuan itu pihak LPJ menggelar swab test kepada 69 karyawan pada tanggal 13 Agustus 2020 dan mendapati 17 karyawan positif covid 19.

Swab test pun kembali digelar pada 14 Agustus 2020 kepada 81 karyawan dan hasilnya empat orang positif Covid 19. Dengan demikian total ada 22 karyawan positif covid 19 dengan 21 diantaranya berstatus OTG (Orang Tanpa Gejala).

Atas kejadian ini, Erlangga menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir berbelanja di LPJ karena seluruh karyawan yang terpapar Covid-19 merupakan petugas administrasi dari penjualan online. Dan dipastikan tidak memiliki kontak langsung dengan produk - produk yang dijual serta tentunya para konsumen.

“Inikan bukan aib, tidak ada yang menduga dan menyangka. Siapapun biasa saja terpapar Covid-19. Namun demikian kembali saya tegaskan, 22 karyawan LPJ yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah pekerja dibagian administrasi online, jadi tidak melakukan kontak langsung dengan produk pangan yang disediakan maupun yang biasa melayani konsumen, “ tegasnya.

Kendati ada 22 karyawan positif Covid 19, Lumbung Pangan Jatim tetap buka dan beroperasi seperti biasa. Aktifitas warga yang datang melakukan pembelian bahan pangan di gedung Jatim Expo Internasional Surabaya berjalan normal. Bahkan LPJ mencatat ada peningkatan pembelian sebesar 20 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Baca Juga: Lumbung Pangan Jatim Tetap Beroperasi, Pasca 22 Karyawan Terkena COVID-19
Mentan: Sektor Pertanian Tumbuh Baik di Tengah Pandemi COVID-19

“Layanan LPJ berjalan normal. Jadi masyarakat yang membutuhkan bahan kebutuhan pangan maupun sembako jangan khawatir. Kami tetap buka dan melayani seperti hari sebelumnya, “ ungkap Erlangga memberikan kepastikan.

Lumbung Pangan Jatim, buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Proses penjualan kebutuhan pangan ini dapat dilakukan konsumen baik secara online maupun offline. Aneka kebutuhan pokok di lumbung pangan jatim, seperti beras, minyak, gula dan lain sebagainya tersedia dengan harga di bawah pasar. (Arief L/ SariAgri Jawa Timur)