Pemprov Lampung Dorong Peran Aktif Perempuan dalam Pembangunan Daerah

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto (Dok.Lampung)

Editor: Rashif Usman - Selasa, 7 Maret 2023 | 22:00 WIB

Sariagri - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus mendorong peran aktif perempuan dalam pembangunan daerah seiring makin meluasnya ruang perempuan untuk berkarier.

"Dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perempuan dan Anak tahun 2023 ini dapat dimanfaatkan menjadi ruang diskusi konstruktif dalam menemukan solusi yang menjawab isu dan tantangan pembangunan bidang perempuan serta anak di kemudian hari," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto melalui keterangan tertulis di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan dengan makin luasnya ruang perempuan untuk berkarier, maka pihaknya akan terus mendorong peran perempuan dalam pembangunan daerah.

"Jadi perempuan ini perlu berdaya dalam arti perannya di berbagai sektor, salah satunya ekonomi perlu ditingkatkan guna mendorong pembangunan serta kesejahteraan," katanya.

Dia melanjutkan perempuan juga perlu adaptif dengan kondisi, mengembangkan potensi diri, berprestasi, bermanfaat bagi lingkungan, dan berintelektual tinggi dengan tetap menjalankan tanggung jawabnya di tengah keluarga.

"Perempuan dan anak ini dapat berperan sebagai objek yang dimasukkan dalam perencanaan pembangunan, namun mereka juga merupakan subjek dari pembangunan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia di kemudian hari," tambahnya.

Tanggapan serupa juga dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (PPPA) Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri.

"Diharapkan dengan adanya Musrenbang ini dapat mendorong peran perempuan dalam pembangunan daerah serta dapat menyesuaikan perencanaan urusan pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak di Lampung," ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Lampung Dorong Peran Aktif Perempuan dalam Pembangunan Daerah
Anggaran Perbaikan Ruas Jalan di Lampung Capai Rp50,8 Miliar

Selain itu dalam mendorong penguatan peranan perempuan dalam pembangunan, kata dia, maka akan mensinergikan program serta kegiatan 2023.

"Jadi akan disinergikan program dan kegiatan tahun 2023, salah satunya dalam program pengendalian penduduk dan keluarga berencana pada 2024 mendatang," katanya.