Lampung Optimis Pembangungan UMKM Center Rampung di Tahun 2023

Ilustrasi UMKM di era digital. (Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Selasa, 14 Februari 2023 | 23:00 WIB

Sariagri - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menargetkan pembangunan UMKM Center yang ada di daerahnya dapat selesai pada akhir tahun 2023 mendatang.

"UMKM Center ini akan segera di wujudkan, dan kami optimis ini dapat segera selesai," ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi, di Bandarlampung, Selasa (14/2).

Ia menyampaikan di targetkan pembangunan gedung yang bertujuan sebagai wadah bagi UMKM Lampung memasarkan produknya itu selesai pada akhir 2023.

"Mudah-mudahan pembangunan berjalan lancar sehingga target akhir tahun ini dapat segera selesai dan bisa digunakan," ucapnya.

Dia melanjutkan saat ini pihaknya tengah berusaha berkomunikasi dengan masyarakat untuk mengosongkan lahan.

"Saat ini sedang berusaha secara persuasif meminta warga yang berjualan di lokasi pembangunan untuk mengosongkan lahan," ucap dia.

Ia mengatakan nantinya bila dimungkinkan pedagang akan direlokasi di lokasi tertentu yang saat ini tengah dicarikan.

"Tempat untuk relokasi sedang dicarikan, yang pasti kami meminimalisir dampak negatif disini. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap yang pasti setelah lahan kosong akan ada pengukuran lahan, serta ground breaking," tambahnya.

Baca Juga: Lampung Optimis Pembangungan UMKM Center Rampung di Tahun 2023
Lewat Peningkatan Daya Saing, Kemendag Dorong UMKM Naik Kelas

Rencana pengembangan UMKM Center sebagai wadah dalam memasarkan produk lokal berkualitas dari 15 kabupaten dan kota itu, akan berlokasi di Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Wayhalim dengan luas 5 hektare.

Pembangunan UMKM Center ini diharapkan dapat menjadi tempat singgah utama bagi wisatawan domestik ataupun luar Lampung dalam membeli berbagai kuliner serta kerajinan khas Lampung hasil karya UMKM lokal.