Kisah Bayi Diberi Kopi Kemasan yang Disoroti Presiden Jokowi

Ilustrasi bayi meminum susu. (Unsplash)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 26 Januari 2023 | 17:00 WIB

Sariagri - Sebuah video bayi diberi minum kopi kemasan oleh orangtuanya, sebagai pengganti susu viral di jagad maya. Bayi yang diberi minum kopi kemasan tersebut, berinisial AS dan masih berusia tujuh bulan.

Kejadian ini langsung menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Padahal seharusnya ibu dan bayi harus diberikan protein yang cukup berupa ASI.

"Bayi atau ibu hamil harus diberi protein, diberikan ikan, diberi telur. Saya lihat kemarin yang rame bayi baru 7 bulan diberi kopi susu saset oleh ibunya. Karena yang ada di bayangan di sini adalah susu, gitu loh. Anaknya mau diberi susu. Hati-hati mengenai ini," kata Jokowi dalam sambutannya pada Rakernas BKKBN, di Kantor BKKBN, Jakarta.

Polisi pun langsung memanggil dan memeriksa orangtua AS, berinisial YS (23 tahun), setelah video bayi diberi minum kopi kemasan tersebut viral di media sosial, karena tindakan yang dilakukan sangat membahayakan bagi kesahatan bayi.

YS menjalani pemeriksaan intensif di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Satreskrim Polres Gowa. Dari hasil penyelidikan diketahui, bayi dan orang tuanya tersebut berasal dari Kelurahan Mangngalli, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kapolres Gowa, AKBP Reonald TR. Simanjuntak mengatakan, selain dimintai keterangan terkait tindakannya memberikan minum kopi kemasan kepada bayinya, YS juga menjalani pemeriksaan kejiwaannya.

"Bayi yang diberi minum kopi kemasan terlihat sehat, tetapi kami juga akan terus melakukan pemantauan kesehatan bayi tersebut, dan memberikan bantuan susu formula," ujar Reonald.

Dikatakan Reonald, secara umum kondisi ekonomi keluarga bayi tersebut sangat kekurangan. Ibu AS bekerja sebagai pramusaji di warung sari laut di Kabupaten Gowa.

"Gajinya hanya Rp80 ribu sekali bekerja. Uang Rp80 ribu itu hanya beli susu kental manis, sisanya ditabung untuk bayar kos kosan," ujarnya

Sementara terkait video yang viral, berdasarkan keterangan, YS tidak memasukkan kopi. Ia menyebut saat itu sebenarnya bayinya sudah diberikan susu.

Baca Juga: Kisah Bayi Diberi Kopi Kemasan yang Disoroti Presiden Jokowi
Kenapa Susu Kental Manis Tidak Boleh Dijadikan Minuman? Ini Alasannya

"Pengakuan dia tidak memasukkan kopi, hanya di depan kamera saja. Sudah diganti dengan susu,"akunya.

Lebih lanjut dia mengatakan, YS melakukan live di TikTok dengan bayinya untuk mendapatkan sumbangan dari penonton di TikTok dan untuk konten semata.

"Intinya live untuk mendapatkan royalti, tapi itu salah. Kami akan berikan pembinaan," jelasnya.

Kasus pemberian minuman kopi kemasan untuk bayi tersebut, masih dalam penyelidikan kepolisian. Kendati demikian, polisi lebih mengedepankan proses pembinaan terhadap ibu bayi tersebut.