Cegah Dikawinkan Jantan Lain, Lalat Buah Keluarkan Zat Agar Betina Tidur

Lalat buah sayap berbintik. (Sariagri/phys.org)

Editor: Yoyok - Sabtu, 24 Desember 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Sungguh ketat perlindungan lalat buah jantan terhadap pasangannya. Tak perlu kepandaian bertarung atau berbadan besar tapi cukup dengan mentransfer zat kimia maka lalat betina akan aman dari gangguan lalat jantan lainnya.

Hal itu diungkap oleh sebuah studi yang menunjukkan lalat buah jantan setelah kawin akan mentransfer zat kimia yang membuat lalat betina tidur lebih lama. Nah, kalau sudah tidur mana bisa terbang lagi atau digoda lalat jantan lain. 

Sebuah situs penelitian pada Jumat (23/12/2022) menyebutkan zat kimia produksi lalat buah itu disebut peptida seks. Zat ini diteruskan bersama sperma melalui organ seks lalat jantan ke dalam tubuh lalat betina saat kawin. 

Diketahui, zat kimia itu memang membuat lalat betina kurang reseptif terhadap lalat jantan lain. Namun dalam sebuah studi baru, peneliti mengungkap bahwa zat kimia ternyata dapat mengganggu mekanisme jam biologis yang biasanya membangunkan lalat buah sebelum matahari terbit. 

Menurut Lorena Franco dari National Scientific and Technical Research Council (CONICET) di Argentina, waktu tersebut merupakan saat perkawinan lalat sering terjadi. Sebelumnya, studi tentang reproduksi lalat buah menemukan bahwa lalat Drosophila melanogaster ini umumnya bangun satu atau dua jam sebelum matahari terbit. 

Dalam studi itu peneliti menggunakan kamera web untuk memantau aktivitas lalat buah betina yang belum pernah kawin dan yang baru kawin di laboratorium. Pengamatan ini dikontrol cahaya selama empat hari. Selain itu, mereka juga mempelajari sekelompok lalat jantan sebagai perbandingan. 

Hal yang mengejutkan dari hasil pengamatan menemukan bahwa satu-satunya lalat betina yang bangun pada pagi hari adalah lalat yang belum kawin. Sedangkan lalat betina yang sudah kawin akan terus tidur hingga terbangun. 

"Pada (lalat buah) betina kawin, fitur bangun pagi mereka benar-benar ditekan," kata Sebastian Risau Gusman dari CONICET. 

Peneliti menduga bahwa peptida seks berperan dalam hal itu. Guna mengetahuinya peneliti kemudian menghalangi neuron tertentu dengan reseptor peptida seks dalam saluran reproduksi lalat betina yang dikawinkan. Hasilnya, lalat betina itu memulihkan kemampuannya untuk bangun sebelum fajar.

Tak cukup itu, pelacak kemudian digunakan untuk mengetahui efek peptida pada sistem saraf lalat buah betina. Hasilnya, peptida seks tampaknya memicu rangkaian peristiwa dari sistem reproduksi ke otak dan memengaruhi struktur yang mengontrol jam internal serangga. 

Baca Juga: Cegah Dikawinkan Jantan Lain, Lalat Buah Keluarkan Zat Agar Betina Tidur
Apa Benar Jambu Kristal Putih Bisa Tangkal COVID-19? Ini Faktanya

Lalat buah betina diketahui dapat kawin dengan banyak pejantan dan menyimpan sperma di dalam tubuhnya. Memproduksi bahan kimia yang mengubah perilaku betina adalah cara bagi jantan untuk meningkatkan peluang keberhasilan spermanya. 

"Ini adalah strategi pejantan untuk mencegah sperma lain bersaing dengan spermanya sendiri di dalam tubuh betina," ungkap Risau Gusman.