Habis Olahraga Makan Jajanan Es Jelly, 5 Siswi SD Keracunan

Siswi SD di Blitar keracunan jajanan. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 2 Desember 2022 | 12:15 WIB

Sariagri - Sedikitnya ada lima siswi Sekolah Dasar Negeri IV Bacem, Kecamatan Ponggok,  Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dilarikan ke rumah sakit umum Al-Ittihad Srengat.

Mereka mendapat perawatan intensif di Instalansi Gawat Darurat (IGD) setelah mengalami dehidrasi, sakit perut, mual muntah, sesak nafas hingga pusing usai mengonsumsi jajanan di sekolah.

Kapolsek Ponggok, AKP Sony Suhartanto, mengatakan dari lima siswi yang diduga keracunan jajanan di sekolah, 1 diantaranya sudah dipulangkan karena kondisinya membaik. Namun demikian 4 siswi lainnya masih harus menjalani rawat inap lantaran kesehatannya memburuk.

“Yang satu sudah diizinkan pulang, karena kondisinya membaik, sedangkan 4 siswi lainnya masih harus dirawat dengan terpasang infus ditangan mereka. Kelima siswi SDN IV Bacem ini diduga keracunan bareng setelah mengkonsumsi jajanan es jelly,” ungkap AKP Sony Suhartanto kepada Sariagri.

Sony menambahkan dari hasil keterangan para korban, sebagian besar mengaku mengalami pusing, mual disertai muntah, sesak napas dan dehidrasi. Kondisi ini terjadi setelah mereka makan jajanan kemasan es jelly yang dibeli di salah seorang pedagang di sekolah.

“Menurut cerita para korban, mereka berlima beli jajan es jelly saat mata pelajaran olahraga. Setelah meminumnya, kelima anak itu tiba-tiba kondisinya ngedrop dengan gejala pusing hingga mual muntah dan sesak nafas,” imbuhnya.

Baca Juga: Habis Olahraga Makan Jajanan Es Jelly, 5 Siswi SD Keracunan
Cemerlang! Pelajar Pasuruan Olah Paprika Jadi Aneka Produk Makanan Sehat

Atas kejadian ini, petugas dari polsek ponggok, langsung melakukan penyelidikan dengan mendatangi lokasi kejadian dan meminta keterangan kepada sejumlah saksi.

“Kami sudah mengamankan jenis jajanan itu dari seorang pedagang yang ada di sekitar sekolah, untuk dijadikan sample uji laboratorium,” tandasnya.