Diterpa Angin Kencang, Belasan Pohon di Lombok Bertumbangan

Akibat Angin Kencang, Pohon tumbang di Lombok. (Sariagri/Yongki)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 19 November 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Sariagri - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Lombok Barat, NTB mengakibatkan belasan pohon beringin disejumlah titik jalan raya bertumbangan, Selasa (15/11/2022) lalu. 

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dampaknya membuat kendaraan dan sejumlah rumah warga rusak tertimpa pohon. tidak hanya itu, pohon tumbang juga mengakibatkan jalan antar desa terputus, karena sebagian badan jalan mengalami rusak berat. 

Banyaknya pohon yang bertumbangan membuat warga kualahan untuk melakukan penyisiran, hingga membuat jalur antar Desa tidak bisa dilewati pengendara dan beberapa fasilitas umum mengalami kerusakan.

"Kejadiannya sekitar jam dua, ini membuat jalan antar Desa jadi terputus," Ungkap Edy Erwinsyah, Kepala Desa Kediri Selatan saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurut Edy, pohon tumbang di wilayahnya terjadi di tiga titik, dan juga merusak dua rumah warga lainnya akibat kencangnya angin disertai hujan lebat. 

"Sementara ini ada tiga pohon, dan ada juga rumah yang rusak di dusun sebelah," ujarnya. 

Di lokasi berbeda, Kepala desa Kuripan Lombok Barat Hasbi menuturkan, sebanyak sebelas pohon beringin di pinggir jalan utama Desanya tumbang hingga ke akar-akarnya. Ia melaporkan rumah warga dan pengendara yang lewat tertimpa pepohonan.

Baca Juga: Diterpa Angin Kencang, Belasan Pohon di Lombok Bertumbangan
Petani Hati-hati! Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

"Sejauh ini sudah ada sebelas pohon di lokasi kita yang tumbang, sebagian ada di jalur baypass dan baru kali ini terjadi ini banyak sekali," terang Hasbi. 

Pemerintah setempat bersama TNI Polri di sejumlah wilayah di Kabupaten Lombok Barat kini masih melakukan identifikasi jumlah pohon tumbang dan membantu menyisir sisa potongan pohon.

"Kita masih melakukan penyisiran dan dibantu pihak kepolisian di sejumlah titik,"tutupnya.