Mengenal Ithuk-ithukan, Tradisi Unik Merawat Mata Air di Banyuwangi

Tradisi Ithuk-Ithukan. (dok, kemenkopmk)

Editor: Dera - Rabu, 2 November 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Ithuk-ithukan menjadi tradisi turun temurun yang tak lekang oleh zaman. Tradisi ini dijalani warga Dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, sebagai ungkapan syukur atas melimpahnya sumber mata air di desa.

Biasanya dalam merayakannya, puluhan warga berbaris rapi dalam busana khas Suku Osing (penduduk asli Banyuwangi). Di mana para pria memakai baju hitam-hitam dan si perempuan memakai kebaya hitam dan bawahan jarik Banyuwangi. Di atas kepala mereka tersunggi baskom berisi ithuk-ithukan yang di dalamnya ada makanan menu sederhana.

Ithuk adalah bahasa setempat yang berarti alas makan yang terbuat dari daun pisang. Ratusan Ithuk tersebut siap diarak warga dusun dengan berbagai menu lainnya, seperti ingkung ayam bakar.

"Ithuk ini juga diambil dari kata kepethuk. Thuk lalu menjadi ithuk. Banyaknya ithuk yang disajikan ini menandakan jangan sampai ada masyarakat yang lapar. Semua harus kebagian, bahkan yang sedang sakit sekali pun akan kami antarkan ithuk ini ke rumahnya," ujar Sarino,Sesepuh Dusun Rejopuro, seperti dilansir dari lama resmi kemenkopmk.  

Tradisi ini adalah salah satu wajah Indonesia, di mana nilai-nilai gotong-royong dan kebersamaan menjadi energi yang menyatukan warga. Di mana arak-arakan dimulai dari pusat pemukiman Rejopuro menuju sumber air yang bernama Sumber Hajar.

Baca Juga: Mengenal Ithuk-ithukan, Tradisi Unik Merawat Mata Air di Banyuwangi
Beras Internasional Murah, Peneliti Ini Usul Impor Saat Beras Lokal Mahal

Kemudian ithuk-ithuk tersebut dimakan bersama-sama setelah berdoa bersama di sumber air tersebut. Seperti diketahui, Sumber Hajar sangat penting bagi masyarakat Rejopuro karena air nya yang sangat melimpah dimanfaatkan untuk mengairi sawah dan kebutuhan sehari hari.

Salah satu kearifan lokal ini seakan mengajarkan masyarakat senantiasa menjaga keseimbangan alam. Kenduri yang digelar di sumber air, menandakan begitu pentingnya setiap manusia untuk menjaga sumber air sebagai salah satu sumber kehidupan manusia.