Kreatif, Palajar Lampung Manfaatkan Barang Bekas Buat Desain Pakaian Unik

Pelajar di Lampung manfaatkan barang bekas untuk dijadikan desain pakaian. (Sariagri.Iwan K)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 31 Oktober 2022 | 13:00 WIB

Setelah sempat tidak diadakan selama masa pandemi, para pelajar di Provinsi Lampung mengisi peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 dengan berbagai cara dan kegiatan.

Salah satunya kegiatan fashion show atau peragaan busana unik, yang digelar para pelajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri atau SMPN 1 Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang.

Bukan pakaian mewah yang mereka tampilkan, namun pakaian hasil kreasi berbahan daun, kertas, hingga plastik yang tak terpakai lagi. Desain pakaian yang dibuat para pelajar itu sungguh unik, dengan beragam teknik dan bentuk yang menarik dan tentunya tak biasa.

Menurut mereka, ide membuat pakaian dari bahan limbah itu sebagai bentuk perhatian pada lingkungan yang semakin banyak sampah. Pakaian yang dibuat itu nantinya tidak akan dibuang namun disimpan.

Pada kegiatan yang digelar Sabtu (29/10/2022) kemarin itu, para pelajar laki-laki dan perempuan perwakilan kelas, berjalan di atas karpet merah penuh percaya diri bak model sungguhan, memamerkan pakaian dengan desain unik itu di hadapan para juri, teman, dan para guru.

“Ini kami lakukan sebagai bentuk mengenang perjuangan para pemuda membela tanah air dan kemerdekaan NKRI. Jadi kami sebagai pemuda masa kini, harus lebih kreatif untuk mengisi kemerdekaan dan masa depan,” ungkap Tiara Astuti, salah satu pelajar SMPN 1 Banjar Margo.

Baca Juga: Kreatif, Palajar Lampung Manfaatkan Barang Bekas Buat Desain Pakaian Unik
Plastic Credit,Gagasan Baru Pengurangan Sampah Plastik

Pihak sekolah berharap para pelajar bisa semakin kreatif dan mengembangkan bakatnya.

“Sehingga harapannya bisa menjadi desainer pakaian atau model terkenal, bahkan hingga tingkat internasional,” harap Yuni Utarmi selaku Kepala SMPN 1 Banjar Margo.

Kegiatan-kegiatan kreatif lain akan terus dilakukan pihak sekolah, sebagai upaya membina dan memfasilitasi minat bakat dan kreatifitas para pelajarnya. Bukan hanya pada momen sumpah pemuda, namun peringatan hari-hari besar negara lainnya.