Ribuan Buruh Demo di Patung Kuda, Ini 6 Tuntutannya

Demo menolak kenaikan BBM. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 12 Oktober 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Sebanyak kurang lebih 6.000 pekerja atau buruh memadati kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta pada Rabu (12/10/2022). Dalam aksi demo hari ini, mereka menyuarakan penolakan kenaikan harga BBM, hingga meminta kenaikan upah minimum 2023 sebesar 13 persen.

Sebelumnya, aksi ini direncanakan akan digelar di depan Istana Kepresidenan Jakarta beralih dengan long march dari Islamic Research and Training Institute (IRTI) menuju Patung Kuda.

Ribuan buruh terlihat berkumpul di simpang Jl. M.H. Thamrin dan Jl. Medan Merdeka Barat. Presiden Partai Buruh Said Iqbal pun mengungkapkan massa buruh akan menggelar aksinya hingga sore nanti.

“Aksi diperkirakan berakhir pada 15.00 [WIB],” kata Said saat dijumpai di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Adapun 6 tuntutan pekerja/buruh dalam aksi demo hari ini yaitu:

1. Tolak kenaikan harga BBM
2. Tolak omnibus law
3. Tolak PHK di masa resesi
4. Naikan upah minimum 2023 sebesar 13 persen
5. Wujudkan reforma agraria
6. Sahkan RUU PPRT

Saat ini aparat yang bertugas telah menutup Jalan Medan Merdeka Barat di kedua arahnya. Polisi juga melakukan rekaya lalu lintas di kawasan tersebut.

Baca Juga: Ribuan Buruh Demo di Patung Kuda, Ini 6 Tuntutannya
50 Ribu Buruh Siap Geruduk Istana Negara Tolak Kenaikan BBM

Pengalihan arus lalu lintas dari dan menuju kawasan tersebut antara lain adalah lalu lintas dari arah Hotel Indonesia (HI) menuju Jl. Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jl. Medan Merdeka Selatan.

Kemudian, lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jl. Perwira (situasional). Adapun, lalu lintas dari arah Jl. Hayam Wuruk menuju Jl. Majapahit atau Jl. Merdeka Utara dialihkan ke Jl. Juanda atau ke Jl. Suryopranoto. Sementara itu, lalu lintas di Jl. Abdul Muis menuju Jl. Gajah Mada dialihkan ke Jl. Tanah Abang Satu.