Bruk! Mobil Truk Pengangkut Sawit Terguling Akibat Jalanan Rusak

Jalan rusak akibatkan truk terguling. (Sariagri/Iwan K)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 11 Oktober 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Jalan rusak membuat arus transportasi atau pengiriman komoditas hasil kebun petani menjadi terhambat. Seperti yang terjadi saat sebuah truk yang mengangkut muatan buah kelapa sawit, terguling saat melintas di sebuah ruas jalan rusak dan licin di wilayah Desa Toto Makmur, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, Senin (10/10/2022) siang.

Kondisi jalan tanah yang licin dan menjadi seperti kubangan lumpur setelah diguyur hujan ditambah kontur menurun dan batu-batu besar di tengah jalan, diduga membuat pengendara truk tidak bisa menyeimbangkan kendaraannya, hingga truk terguling di selokan jalan.

Sejumlah warga membantu mengevakuasi mobil truk dengan menariknya menggunakan sebuah traktor, setelah sebelumnya menurunkan seluruh muatan agar mudah ditarik.

“Jalannya licin parah kalau habis hujan, jadi saya susah untuk mengendalikan laju mobil. Saya berharap jalan rusak itu segera diperbaiki,” ungkap Fadhil, sopir truk yang terguling itu kepada awak media.

Akibat kecelakaan itu, mobil lain tidak bisa melintas dan sempat terjadi antrean panjang. Seorang sopir truk lain merasa kecewa karena harus mengeluarkan uang operasional lebih karena menunggu mobil truk terguling di evakuasi.

“Kita kecewa, sudah bayar pajak tapi jalan tidak juga diperbaiki,” tukas Maskur, salah sopir truk yang mengantre di sebuah warung.

Setelah proses evakuasi yang berlangsung selama 8 jam, akhirnya truk pengangkut sawit itu bisa di evakuasi dan dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Bruk! Mobil Truk Pengangkut Sawit Terguling Akibat Jalanan Rusak
Resmikan Terminal Kijing Pontianak, Jokowi: Larinya Hilirisasi CPO

Menurut warga dan pengendara, ruas jalan kecamatan itu jadi momok pengendara saat musim hujan. Bahkan, dari informasi yang dikumpulkan, sehari bisa lebih dari satu kendaraan yang tergelincir hingga terguling di lokasi yang sama.

Warga dan pengendara pun meminta pemerintah segera melakukan perbaikan jalan, supaya akses tranpostasi untuk mengangkut hasil kebun dan pertanian bisa lancar dan masyarakat bisa lebih sejahtera.