50 Ribu Buruh Siap Geruduk Istana Negara Tolak Kenaikan BBM

Demo menolak kenaikan BBM. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 11 Oktober 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Partai Buruh dan organisasi serikat buruh akan menggelar aksi demo secara nasional, Rabu, 12 Oktober 2022. Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Pekerja (KSPI), Said Iqbal, mengatakan pihaknya akan menggelar demo secara serentak di 34 provinsi.

Khusus buruh di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, Said mengatakan aksi akan dipusatkan di Istana Negara, Jakarta. Setidaknya ada 50 ribu buruh yang terlibat saat aksi di Istana Negara. Sementara di 31 provinsi lainnya, aksi digelar di kantor gubernur masing-masing provinsi. Aksi akan tetap digelar meski jika nanti turun hujan.

Baca Juga: 50 Ribu Buruh Siap Geruduk Istana Negara Tolak Kenaikan BBM
Rentetan Aksi Tak Ada Hasil, Buruh Siap Demo Besar-besaran di 4 Oktober

“Tetap demo (meski hujan),” ujar Said.

Said menyebut setidaknya ada enam tuntutan yang akan diusung dalam aksi 12 Oktober mendatang.

“Tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law UU Cipta kerja, naikkan UMK/UMSK tahun 2023 sebesar 13 persen, tolak ancaman PHK di tengah resesi global, reforma agraria, dan sahkan RUU PRT,” ungkapnya

Penolakan harga BBM terus disuarakan, kata dia, karena menurunkan daya beli masyarakat. Sementara itu, upah buruh terancam tidak naik karena pengusaha masih menggunakan aturan turunan UU Cipta Kerja, yakni PP No 36 Tahun 2021.