Harga BBM Bikin Pusing, Simak Nih Cara Jitu Menghemat Bensin

Ilustrasi Pom Bensin. (Sariagri/Pertamina)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Presiden Jokowi resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar dan Pertamax pada 3 September 2022.

Harga Pertalite dari sebelumnya Rp7.650/liter naik menjadi Rp10.000/liter. Sementara harga Solar dari Rp5.150/liter naik menjadi Rp6.800/liter, sementara untuk Pertamax dari semula Rp12.500/liter naik menjadi Rp14.500/liter.

Kenaikan harga BBM yang melejit ini tentu membuat pengeluaran masyarakat semakin membengkak. Demi menekan pengeluaran, berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan menghemat penggunaan BBM.

Tips Hemat Penggunaan BBM

Meski harga BBM naik, kita sebagai masyarakat hendaknya bersikap pintar dalam mengelola pengeluaran agar tidak besar pasak daripada tiang.

Berikut tips jitu menghemat BBM agar bisa menekan pengeluaran. 

1. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi

Hampir semua mesin kendaraan bermotor memiliki batas kecepatan efektif untuk penggunaan BBM-nya. Jika belum tahu, Sobat Agri bisa berkonsultasi dengan montir, atau mencari tahu dengan yang ahli mesin. Hal ini dilakukan agar kamu bisa berkendara pada kecepatan yang sesuai.

Menggunakan kendaraan dalam kecepatan tinggi, apalagi secara mendadak akan membuat mesin mengonsumsi BBM dalam jumlah yang banyak. Tentu saja itu sebuah pemborosan, bukan?

2. Matikan Mesin saat berhenti lama

Jika Sobat Agri akan berhenti cukup lama, maka sangat disarankan untuk mematikan mesin kendaraan. Alasannya, mesin yang tetap menyala meski dalam kondisi kendaraan berhenti, ternyata jadi faktor yang membuat penggunaan bensin menjadi lebih boros.

3. Hindari beban diluar kapasitas

Ketika berkendara menggunakan motor maupun mobil, membawa beban diluar kapasitas atau overload akan membuat kerja mesin menjadi lebih berat. Hal ini sangat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang semakin banyak pula.

Oleh karena itu, penting untuk mengurangi beban pada kendaraan yang akan digunakan. Pastikan beban yang dibawa masih berada di titik efisien agar tidak menjadi pemborosan.

4. Perhatikan tekanan angin pada ban

Memperhatikan tekanan angin pada ban, bukan hanya demi keselamatan pengendara, melainkan menjadi salah satu cara penghematan BBM.

Pasalnya saat tekanan angin pada ban berada pada titik yang optimal dan tepat, maka kinerja mesin dalam menggerakkan kendaraan juga akan semakin optimal. Namun ketika tekanan angin ban kurang dan terlalu lembek, maka akan membuat mesin bekerja lebih keras karena beban yang dimiliki mesin meningkat.

5. Perhatikan kebersihan filter udara

Pada dasarnya filter udara pada kendaraan berperan penting untuk memberikan suplai udara ke mesin. Dengan demikian mesin dapat bekerja dengan optimal. Namun jika saluran udara pada kendaraan dalam keadaan kotor, otomatis kinerja mesin menjadi semakin berat.

Jangan lupa untuk memastikan kondisi filter selalu dalam keadaan bersih. Jika sudah, maka kamu akan merasakan perbedaan jumlah konsumsi BBM pada kendaraan.

6. Menggunakan jenis BBM yang tepat

Pada dasarnya setiap kendaraan memiliki spesifikasinya masing-masing, termasuk soal jenis BBM yang digunakan. BBM kendaraan satu dan lainnya bisa berbeda-beda.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kamu menggunakan jenis BBM yang sesuai. Hal ini bertujuan agar mesin dapat bekerja optimal dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efektif. Selain itu penggunaan BBM yang tepat juga akan membuat mesin kendataan awet.

Baca Juga: Harga BBM Bikin Pusing, Simak Nih Cara Jitu Menghemat Bensin
Imbas Kenaikan BBM, Harga Rumah Hingga Tarif Tol Ikutan Naik?

7. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi

Tips penghematan BBM selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi. Cara ini menjadi solusi terbaik dalam menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan.

Mulai sekarang, pintar-pintarlah dalam menggunakan kendaraan pribadi dan beralih dengan menggunakan sepeda atau kendaraan umum untuk sampai ke tujuan.

Video Terkait