Viral BLT BBM Dipotong Rp100 Ribu untuk Sedekah Bumi

Bukti bantuan langsung tunai yang dipotong Rp100 ribu untuk sedekah bumi. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 21 September 2022 | 13:45 WIB

Sariagri - Sebuah kabar viral, warga penerima bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT-BBM) dan bahan pangan non tunai (BPNT) di sebuah desa di Brebes, Jawa Tengah, mengeluh. Pasalnya, daerah setempat menarik iuran sebesar Rp 100 ribu, dengan dalih untuk biaya sedekah bumi atau bumian tahun 2023.

Warga penerima bansos tersebut mengeluh lantaran uang yang seharusnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari di tengah kenaikan harga BBM justru diminta iuran untuk sedekah bumi. Padahal acara tersebut baru digelar tahun depan.

"Saat itu Ketua RT menyampaikan bahwa setelah sampai di rumah akan ada penarikan iuran untuk sedekah bumi (bumian) tahun depan. Setelah pulang, uang BLT sebesar Rp 100 ribu diantar ke rumah Ketua RT, ini ada kwitansinya," ujar salah seorang penerima bantuan, Cayem.

Baca Juga: Viral BLT BBM Dipotong Rp100 Ribu untuk Sedekah Bumi
Tanggapan Deddy Corbuzier Soal Harga BBM Naik: Kalau Saya Jadi Presiden...

Sementara itu, Ketua RT 10 RS Desa Cikakak, Maryam mengaku bahwa penarikan iuran itu merupakan kesepakatan dari para Ketua RT di desanya.

Sementara itu, sekretaris Desa Cikakak, Samingan mengatakan, penarikan iuran dilakukan oleh masing-masing Ketua RT. Pemerintah desa tidak pernah menyuruh untuk penarikan uang iuran tersebut.

Video Terkait