Ogah Kebobolan Cacar Monyet, Cina Larang Warganya Kontak dengan Orang Asing

Ilustrasi cacar monyet (Pixabay)

Editor: Dera - Senin, 19 September 2022 | 16:15 WIB

Sariagri - Seorang pejabat kesehatan senior Cina menyarankan masyarakat untuk menghindari kontak fisik dengan orang asing. Hal tersebut guna mencegah kemungkinan penularan cacar monyet. 

"Untuk mencegah kemungkinan penularan cacar monyet dan sebagai bagian dari gaya hidup sehat kita, disarankan agar pertama, tidak melakukan kontak kulit langsung dengan orang asing," kata Wu Zunyou, kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, mengunggah pernyataan tersebut di media sosial Weibo.  

Mengutip Reuters, Wu juga meminta masyarakat untuk menghindari "kontak kulit-ke-kulit" dengan orang-orang yang pernah berada di luar negeri dalam tiga minggu terakhir. 

“Perlu dan sangat penting untuk memperkuat pengawasan dan pencegahan epidemi cacar monyet di tingkat sosial,” tambahnya.

Unggahannya dibagikan secara luas di media sosial selama akhir pekan. Tetapi bagian komentar di bawah unggahannya dinonaktifkan. Beberapa masyarakat Cina mempertanyakan pernyataan tersebut.

Kontroversi Cacar Monyet

Mereka mempertanyakan mengapa orang asing, banyak di antaranya adalah penduduk jangka panjang dan tidak bepergian karena COVID-19, dianggap berbahaya daripada penduduk setempat. 

Baca Juga: Ogah Kebobolan Cacar Monyet, Cina Larang Warganya Kontak dengan Orang Asing
Wajib Waspada! Virus Zoonosis Terbaru Muncul di Cina

Cina mencatat kasus pertama cacar monyet pada Jumat 16 September 2022 pada seseorang yang tiba dari luar negeri. Risiko penularannya rendah karena individu tersebut dikarantina setibanya di Kota Chongqing. Semua kontak dekat diisolasi dan ditempatkan di bawah pengawasan medis.

Sekitar 90 negara di mana cacar monyet tidak endemik telah melaporkan wabah penyakit virus. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Ada lebih dari 60.000 kasus yang dikonfirmasi dan beberapa negara non-endemik telah melaporkan kematian pertama terkait cacar monyet.