Kasus COVID-19 Turun Drastis, WHO: Akhir Pandemi Mulai Terlihat

Ilustrasi Covid-19. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 15 September 2022 | 16:15 WIB

Sariagri - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa jumlah kasus baru COVID-19 dilaporkan sudah turun drastis. Direktur Jenderal (Dirjen) WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa akhir pandemi sudah terlihat.

"Kami tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi ini. Kami belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata. Tetapi dunia perlu melangkah untuk merebut kesempatan ini," katanya, dikutip dari the strait times Rabu (15/9).

Ia mengibaratkan bahwa kini posisi dunia melawan COVID-19 mirip seperti pelair maraton yang sedang mendekati garis akhir.

"Seorang pelari maraton tidak berhenti ketika garis finis terlihat. Dia berlari lebih keras, dengan semua energi yang tersisa. Kita juga harus. Kita bisa melihat garis finis. Kita berada di posisi menang. Tapi sekarang adalah waktu terburuk untuk berhenti berlari," ujarnya.

"Jika kita tidak mengambil kesempatan ini sekarang, kita menghadapi risiko lebih banyak varian, lebih banyak kematian, lebih banyak gangguan, dan lebih banyak ketidakpastian," sambungnya.

Dalam upaya membantu negara-negara melakukan apa yang diperlukan untuk mengendalikan virus, WHO pada hari Rabu menerbitkan enam ringkasan kebijakan.

"Ringkasan kebijakan ini adalah seruan mendesak bagi pemerintah untuk melihat dengan cermat kebijakan mereka, dan memperkuatnya untuk Covid-19 dan patogen masa depan dengan potensi pandemi," kata Dr Tedros.

Di antara rekomendasi, WHO mendesak negara-negara untuk berinvestasi dalam memvaksinasi 100 persen dari kelompok yang paling berisiko, termasuk petugas kesehatan dan orang tua, dan untuk terus menguji dan mengurutkan virus.

"Kita dapat mengakhiri pandemi ini bersama-sama, tetapi hanya jika semua negara, produsen, komunitas, dan individu mengambil langkah dan memanfaatkan peluang ini," kata Dr Tedros.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Turun Drastis, WHO: Akhir Pandemi Mulai Terlihat
WHO: Covid-19 di Jakarta Masuk Level 3

Dalam sebuah laporan epidemiologi terbaru WHO tentang Covid-19, jumlah kasus yang dilaporkan turun 12 persen menjadi 4,2 juta selama pekan yang berakhir 4 September, dibandingkan dengan seminggu sebelumnya.

Tetapi jumlah infeksi sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi, karena banyak negara telah mengurangi pengujian dan mungkin tidak mendeteksi kasus yang kurang serius.

Video Terkait