Hendak Memangsa Ayam, Ular Sanca Jenis Langka Diamankan Tim Damkar

Ular Sanca langka diamankan Damkar. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 13 September 2022 | 16:30 WIB

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengevakuasi ular sanca kembang (Malayopython reticulates) jenis langka dengan motif batik sepanjang 2,5 meter yang bersembunyi di tumpukan kayu samping rumah warga.

Kepala Satpol PPK Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono mengatakan keberadaan ular tersebut, dilaporkan warga karena sudah meresahkan. Sebab beberapa hewan ternak seperti ayam, bebek serta burung dara menjadi mangsa.

“Begitu minggu malam (11/9/2022) mendapat laporan warga atas nama Agus Widodo, dari RT 27 RW 8 di jalan kanjeng jimat, Kecamatan Trenggalek, tim satri biru wisang geni damkar trenggalek langsung menuju lokasi, evakuasi membutuhkan waktu 10 menit. Ular ini dilaporkan kerap memangsa ternak,” ungkap Stefanus Triadi Atmono saat dikonfirmasi Sariagri.

Ular jenis piton ini, imbuhnya, diketahui bersembunyi di bawah tumpukan kayu tak jauh dari kandang ayam milik warga.  

“Sepertinya ular itu, hendak memangsa ayam milik warga. Namun belum sempat menyergap sudah lebih dulu tertangkap petugas,” bebernya.

Baca Juga: Hendak Memangsa Ayam, Ular Sanca Jenis Langka Diamankan Tim Damkar
50 Hewan Ternak Mati Akibat Panas Ekstrem

Untuk menangkapnya, petugas menggunakan alat khusus dengan pencapit ular. Setelah berhasil ditangkap, ular tersebut selanjutnya dievakuasi ke kantor satpol PPK Trenggalek.

“Pada peralihan  musim kemarau ke musim penghujan ini, jumlah laporan ular yang masuk ke perkampungan mengalami peningkatan di banding bulan sebelumnya. ular-ular tersebut di duga turun dari kawasan hutan untuk mencari mangsa hewan ternak. Ular piton ini, rencananya akan dilepas kembali ke alam yang jauh dari permukiman warga,” pungkasnya.

Video Terkait