Cara Ampuh Bersihkan Minyak yang Jatuh ke Lantai

Ilustrasi - Minyak goreng. (Pxhere)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Selasa, 13 September 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Siapa sih yang tidak jengkel jika minyak goreng sampai tumpah di dapur? Pasalnya membersihkan minyak di lantai dapur butuh usaha yang ekstra.

Selain itu, jika cipratan minyak dibiarkan begitu saja, efeknya bisa membuat lantai licin. Nah, untuk membersihkan minyak di lantai, berikut ini cara mudah yang bisa kamu lakukan.

Gunakan soda kue

Cara yang pertama bisa kamu lakukan adalah menggunakan soda kue. Kamu cukup taburkan soda kue ke minyak yang ada di lantai. Setelah itu, tunggu selama 1 jam atau hingga soda kue menyerap minyak.

Kalau tumpahannya banyak, diamkan soda kue selama semalaman. Setelah itu, sapu area yang ternoda dan pel hingga bersih.

Pakai sabun cuci piring

Sabun cuci piring ternyata bisa lho digunakan untuk membersihkan minyak membandel. Cara ini cukup mudah. Siapkan busa yang sudah dibasahi air dan dicampuri sabun, lalu bersihkan tumpahan minyak di lantai.

Tempel pakai koran

Meski sudah jarang sekali beredar atau sulit menemukannya, tetapi koran sangat bermanfaat lho untuk membersihkan minyak yang terjatuh.

Caranya, ambil koran beberapa lembar, lalu tempelkan pada lantai yang terkena cipratan atau tumpahan minyak. Cara ini memang kurang maksimal, tapi cukup memudahkan kita untuk mengurangi minyak.

Pakai tepung terigu

Tepung terigu sangat ampuh menyerap minyak. Cara menggunakannya cukup mudah, taburkan tepung ke lantai yang terkena cipratan atau tumpahan minyak di lantai.

Baca Juga: Cara Ampuh Bersihkan Minyak yang Jatuh ke Lantai
Minyakkita Tersedia di Papua Barat Seharga Rp14 Ribu per Liter

Setelah itu, tunggu hingga 5 sampai 10 menit. Sampai tepung tadi menyerap minyak dengan baik. Kalau sudah selesai, segera sapu dan pel dengan bersih.

Membersihkan dengan detergen

Sama halnya seperti sabun cuci piring. Kamu bisa menggunakan campuran deterjen untuk mengelap minyak yang tumpah di lantai. Gunakan kain bersih sebagai media membersihkan minyak di lantai. Kalau dirasa sudah bersih, segera pel lagi dengan cairan pembersih lantai yang sering digunakan hingga bersih.

Video Terkait