Prancis Diterjang Badai Hujan Setelah Berminggu-minggu Hadapi Kekeringan

Ilustrasi hujan. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Badan cuaca Prancis memperingatkan risiko banjir bandang setelah badai hujan dahsyat melanda sebagian besar negara itu. Badai hujan menerjang setelah Prancis mengalami musim panas yang disertai kekeringan.

Mengutip AFP, Kamis (18/8/2022), tingkat siaga diumumkan untuk 13 departemen, termasuk beberapa daerah di sepanjang pantai Mediterania dan sekitar kota tenggara Lyon.

Badai besar menurunkan curah hujan 2 cm hingga 4 cm dalam waktu kurang dari satu jam. Hujan turun pada Selasa 16 Agustus 2022 dengan beberapa daerah melaporkan curah hujan hingga 7 cm hingga 9 cm.

Tetapi dengan tanah yang mengeras akibat panas dan kekeringan ekstrem, air hujan tidak dapat diserap oleh tanah. Air justru meluap ke sungai dan jalan.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan, tetapi transportasi umum terganggu termasuk di Paris. Beredar sebua video di media sosial yang memperlihatkan stasiun metro yang terendam.

"Badai sedang menuju ke timur dan bisa menjadi hebat dengan hujan lebat yang di beberapa tempat bisa jatuh hingga 8 cm dalam waktu singkat," kata Badan Cuaca Meteo France.

Badan cuaca Prancis juga memperingatkan akan datangnya hujan es dan hembusan angin berpotensi menyebabkan kondisi seperti tornado. Daerah dekat Lyon akan diguyur hujan es dengan diameter 3 cm, katanya. Meskipun curah hujan bisa terbatas karena badai bergerak cepat.

Baca Juga: Prancis Diterjang Badai Hujan Setelah Berminggu-minggu Hadapi Kekeringan
Sungai Yangtze Semakin Kering, Cina Siapkan Mekanisme Hujan Buatan

Pihak berwenang mendesak masyarakat Prancis untuk menunda rencana perjalanan jika memungkinkan. Selain itu menghindari saluran air atau mencoba mencari perlindungan di bawah pohon.

"Hanya 30 cm air sudah cukup untuk menyapu sebuah mobil," kata prefektur departemen Var di French Riviera.

Hujan juga menjadi bantuan bagi petugas pemadam kebakaran yang memerangi serangkaian kebakaran hutan di seluruh Prancis, khususnya di barat daya. Kobaran api dapat dipadamkan setelah membakar ribuan hektare hutan.

Video Terkait