Inggris Resmi Umumkan Alami Kekeringan di Beberapa Wilayah

Ilustrasi kekeringan. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Pemerintah Inggris mengumumkan kekeringan di bagian selatan, timur dan tengah Inggris. Inggris, negara yang tidak terbiasa dengan panas ekstrem seperti itu, mengalami hari-hari yang sangat terik.

Mengutip New York Times, Sabtu (13/8/2022), pengumuman tersebut muncul setelah sekelompok pejabat dan ahli bertemu untuk membahas tanggapan pemerintah terhadap "musim panas terkering dalam 50 tahun."

Peringatan panas ekstrem juga telah dikeluarkan untuk beberapa bagian selatan Inggris dan Wales. Inggris mengalami beberapa rekor suhu tertinggi.

"Kami saat ini mengalami gelombang panas kedua setelah Juli terkering yang tercatat di beberapa bagian negara itu," kata anggota parlemen Steve Double dalam sebuah pernyataan.

Delapan area di Inggris secara resmi mengalami kekeringan, menurut Kelompok Kekeringan Nasional. Pengumuman ini menandakan kekeringan resmi pertama di negara itu sejak 2018.

Kekeringan di Inggris juga memungkinkan perusahaan air untuk menerapkan langkah-langkah konservasi air yang lebih ketat. Beberapa perusahaan air sementara waktu melarang penggunaan selang untuk menyirami pekarangan dan kebun serta untuk mencuci kendaraan.

Langkah tambahan mungkin termasuk mengalihkan lebih banyak air sungai dan menggunakan pabrik desalinasi di kota-kota seperti London untuk menghasilkan lebih banyak air minum.

"Kami mengalami kekeringan yang signifikan di masa lalu, tetapi musim panas ini sangat kering," kata Dr Gemma Coxon, ahli hidrologi di University of Bristol.

"Pendorong utamanya adalah perubahan iklim," katanya, seraya menambahkan bahwa bulan-bulan musim panas yang semakin kering, ditambah dengan rekor curah hujan di musim dingin, dapat meningkatkan risiko banjir besar.

Kantor Met, badan meteorologi Inggris, mengeluarkan peringatan panas ekstrem hingga Minggu 14 Agustus 2022 untuk sebagian besar bagian selatan Inggris dan untuk beberapa area di Wales.

Baca Juga: Inggris Resmi Umumkan Alami Kekeringan di Beberapa Wilayah
Studi: Perubahan Iklim Perburuk 58 Persen Penyakit Menular

Suhu yang melonjak tidak hanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan panas untuk kelompok tertentu.

Wiggonholt, di Inggris selatan, mencatat suhu tertinggi di negara pada 34,2 derajat Celsius. Pada tengah Jumat 12 Agustus 2022, suhu di Inggris selatan mencapai 34 derajat Celsius dengan perkiraan bahwa bisa naik lebih tinggi selama akhir pekan.

Video Terkait