Apa Itu Subsidi Pemerintah? Simak Ulasan Lengkapnya di Sini!

Ilustrasi - Bahan bakar minyak (BBM). (Antara)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Nazarudin - Senin, 8 Agustus 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Apa itu subsidi pemerintah? Sepertinya istilah ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Secara umum, subsidi pemerintah digunakan untuk menjelaskan bantuan yang sumbernya memang berasal dari pemerintah.

Namun, ternyata tidak hanya pemerintah saja, tetapi bantuan ini juga bisa mengarah pada bantuan yang diberikan oleh pihak lain, seperti perorangan atau lembaga non-pemerintah.

Bentuk bantuannya pun bukan hanya uang, melainkan barang. Salah satu contoh subsidi yang diberikan oleh pemerintahan Jokowi, yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah bahan bakar subsidi. Untuk lebih lengkapnya, dibawah ini akan dijelaskan mengenai apa itu subsidi pemerintah, jenis dan juga contohnya.

Apa itu subsidi pemerintah?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, subsidi pemerintah adalah bantuan uang dan sebagainya dari pihak pemerintah, kepada yayasan, perkumpulan, dan sebagainya. Bantuan ini bertujuan untuk kepentingan umum dan meringankan beban masyarakat.

Pemberian bantuan ini tentu saja bukan tanpa alasan. Secara ekonomi, tindakan ini memiliki tujuan tertentu, dan memberikan dampak yang cukup besar bagi penerimanya. Beberapa misalnya seperti menjaga kestabilan harga, menutupi kerugian yang diderita perusahaan, serta mendukung sektor-sektor tertentu agar berkembang atau bisa bertahan.

Menurut Milton H. Spencer dan Orley M. Amos, Jr. dalam bukunya Contemporary Economics, pengertian subsidi adalah pembayaran yang dilakukan pemerintah kepada perusahaan atau rumah tangga untuk mencapai tujuan tertentu.

Jenis-jenis subsidi

Jenis bantuan atau kontribusi ini biasanya dapat diberikan dalam dua bentuk, yaitu uang (cash transfer) dan subsidi dalam bentuk barang atau subsidi innatura (in kind subsidy). Pemberian bantuan ini juga memiliki beberapa bentuk yang berbeda, di antaranya:

1. Subsidi Langsung

Subsidi langsung adalah jenis subsidi yang pembayarannya berupa dana aktual kepada individu, kelompok, atau industri tertentu. Pembayaran dana ini bisa dalam bentuk pinjaman, hibah, penyertaan, pemindahan dana, atau jaminan langsung atas utang.

Subsidi langsung ini dapat memberikan keuntungan kepada penerimanya karena mereka bisa merasakan manfaat subsidi secara langsung. Namun, juga bisa memberikan manfaat yang tidak langsung kepada bidang lainnya, contohnya membuka lapangan pekerjaan.

Contoh subsidi langsung, pemberian uang tunai kepada pengusaha kecil untuk bisa mengembangkan bisnis mereka. Dari bantuan tersebut, mereka merekrut lebih banyak pegawai untuk menghasilkan barang yang lebih banyak lagi dari biasanya.

2. Subsidi Tidak Langsung

Tidak hanya secara langsung, subsidi pemerintah juga bisa diberikan secara tidak langsung. Jenis ini tentu sudah sering Sobat Agri dengar sendiri.

Subsidi tidak langsung ini merupakan subsidi yang tidak memiliki nilai moneter yang telah ditentukan sehingga tidak melibatkan pengeluaran aktual. Kebijakan bantuan ini, biasanya digunakan untuk bidang industri seperti energi dan pangan.

Kebijakan subsidi tidak langsung ini mencakup beberapa kebijakan penurunan harga barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat yang menjadi sasaran subsidi bisa membeli barang dengan harga di bawah harga pasar.

Lewat subsidi tidak langsung, masyarakat bisa memperoleh produk atau layanan tertentu dengan nilai kurang dari harga pasar yang sebenarnya. Contohnya, pemerintah memberikan potongan harga untuk bahan bakar minyak yang dikenal dengan nama produk premium.

Premium merupakan bahan bakar minyak yang disubsidi langsung oleh pemerintah. Dengan bahan bakar minyak murah tersebut, pengeluaran masyarakat dalam hal mobilitas sehari-hari semakin terbantu.

Contoh subsidi pemerintah

Pada dasarnya Pemerintah Indonesia sering kali mengeluarkan kebijakan subsidi yang berbeda pada setiap tahun anggaran. Namun secara garis besar, subsidi yang diberikan pemerintah bisa dibedakan menjadi dua, yakni di bidang energi dan nonenergi.

Baca Juga: Apa Itu Subsidi Pemerintah? Simak Ulasan Lengkapnya di Sini!
Kemenkeu Ungkap Subsidi untuk Jaga Daya Beli Jadi Kunci Kendalikan Inflasi

Contoh kebijakan subsidi energi

• Bahan Bakar Minyak atau BBM Subsidi.
• Bahan Bakar Nabati atau BNN Subsidi
LPG tabung 3 kg.
• Subsidi listrik.
• LGV.

Contoh kebijakan subsidi nonenergi

• Subsidi Pertanian terdiri dari: Subsidi Pangan, Subsidi Benih, dan Pupuk Subsidi.
• Subsidi Bunga Kredit Program, misalnya KPR Subsidi dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
• Public Service Obligation (PSO).
• SubsidiPajak/DTP.

Video Terkait