Jangan Takut, Ini Tips Mencegah Hewan Liar Masuk Rumah

Viral ular masuk kamar kos (TikTok)

Editor: Yoyok - Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Pemberitaan hewan liar memasuki rumah penduduk kian merebak. Apalagi seusia hujan lebat atau banjir. Jenis hewan liar yang kerap ditemui warga, di antaranya ular dan biawak. Beberapa hewan liar itu ada yang berbisa, seperti ular kobra dan ular weling. 

Soalnya kemudian, jika hewan liar itu masuk ke rumah kemudian bersembunyi di dalam kamar, di atap rumah, atau di saluran air yang sulit dijangkau.  

Guna mencegah hewan liar masuk ke rumah, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berbagi tips. 

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana,  mengatakan ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

“Langkah pertama, rutin membersihkan lingkungan rumah dari barang bekas yang tidak terpakai. Lalu membersihkan saluran air dan memotong tumbuhan liar jika ada di lingkungan sekitar," ujarnya di Depok, Rabu (3/8).

Kemudian  gunakan wewangian yang menyengat di sekitar rumah. Sebab, wangi menyengat dan khas yang ditimbulkan dapat menangkal ular mendekat ke rumah atau pemukiman. "Wewangian seperti karbol maupun kapur barus," tambahnya.

Baca Juga: Jangan Takut, Ini Tips Mencegah Hewan Liar Masuk Rumah
Langka! Momen Biawak Raksasa dan Ular Kobra Saling Menjulurkan Lidah hingga Bersentuhan

Gandara melanjutkan jika menemukan ular di dalam rumah, langkah yang harus dilakukan yaitu jangan panik, lalu jangan membuat gerakan aktif yang meningkatkan kecurigaan hewan tersebut. Gunakan alat yang panjang seperti gagang sapu sebagai alat melindungi diri.

"Kemudian segera laporkan kepada Dinas Damkar dengan menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau melalui nomor UPT Damkar setempat," pungkasnya.

Video Terkait