Awas! Kandungan ZAT BPA Tempat Makan dan Minum Bisa Ancam Kesehatan Anak

Ilustrasi Wadah Plastik (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Setelah enam bulan pertama dalam kehidupan si kecil berlalu, umumnya bayi sudah mulai membutuhkan makanan pendamping ASI atau yang dikenal dengan sebutan MPASI.

Pemberian ASI setelah 6 bulan hanya akan memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan anak. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi pada anak ini harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan pendamping ASI ini.

Biasanya ketika pemberian MPASI banyak dari orang tua yang sudah menggunakan wadah makan. Sayangnya, masih banyak yang menyepelekan bahan yang terkandung dalam wadah kemasan makan atau minum untuk anak.

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan, kandungan dalam wadah tersebut ternyata bisa berpengaruh loh terhadap kesehatan anak.

Hal ini dikarenakan banyak kemasan makanan dan minuman yang menggunakan bahan BPA dan dapat membahayakan kesehatan anak. Perlu diketahui bahwa BPA merupakan kandungan kimia yang sangat kuat di plastik polikarbonat atau jenis plastik kode 7.

Penggunaan jenis plastik ini harus sangat diperhatikan demi kesehatan anak. Bahkan FDA Amerika Serikat telah melarang penggunaan BPA dalam kemasan makanan dan minuman bayi, serta balita.

Mereka menganggap jika bayi yang baru lahir dan berusia di bawah satu tahun sangat rentan terhadap paparan BPA, dibandingkan dengan kelompok umur lainnya.

Parahnya dari paparan BPA tersebut dapat merusak sistem saraf dan endokrin yang sedang dalam tahap perkembangan. Begitu pula dengan sistem hepatik yang seharusnya bekerja untuk mendetoksifikasi dan mengeliminasi senyawa kimia seperti BPA.

Berdasarkan yang tertulis di “Buku Pintar 365 Hari MPASI Terlengkap” karya Astrid Savitri, menjelaskan bahwa para produsen peralatan makan bayi berhenti menggunakan zat kimia tersebut pada tahun 2009. Oleh karena itu, kini banyak bermunculan produk bayi dengan klaim bebas BPA.

Baca Juga: Awas! Kandungan ZAT BPA Tempat Makan dan Minum Bisa Ancam Kesehatan Anak
Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Kamu Keracunan Makanan

Oleh karena itu agar tumbuh kembang anak tetap baik, kamu disarankan untuk memperhatikan penggunaan tempat makan dan minum kemasan yang BPA Free. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan yaitu selalu memperhatikan keamanan setiap produk yang dibeli.

Menghindari kandungan BPA dapat dilakukan dengan memilih produk berlabel food grade, label BPA (Bisphenol-A) Free, Simbol PP (Polypropylene), bebas Phthalates, bebas Polyvinyl Chloride (PVC).

Video Terkait