Cacar Monyet Mewabah, Saham 3 Perusahaan Farmasi Ini Diprediksi Gacor

Ilustrasi cacar monyet. (Reuters via Antara)

Penulis: M Kautsar, Editor: Yoyok - Rabu, 27 Juli 2022 | 14:10 WIB

Meningkatnya wabah cacar monyet di dunia diprediksi akan membuat beberapa perusahaan farmasi pengembang vaksin penyakit ini mendapat keuntungan. Prediksi ini muncul karena kebutuhan pasokan terhadap vaksi cacar monyet terus berdatangan.

Salah satu vaksin yang terdepan dalam mengatasi wabah cacar monyet ini adalah Jynneos. Vaksin generasi ketiga ini dikembangkan oleh perusahaan farmasi Bavarian Nordic.

Vaksin ini telah disetujui di Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Uni Eropa.

Vaksin lain yang menjadi sorotan yaitu ACAM2000. Vaksin ini dikembangkan Emergent BioSolution. Vaksin generasi kedua ini telah disetujui untuk mengatasi cacar.

Ketimbang vaksin Covid-19, vaksin monkeypox memiliki jalur persetujuan yang lebih mudah. Vaksin ini mengikuti aturan uji coba terhadap hewan, tanpa uji coba pada manusia.

Berikut prediksi Seeking Alpha pada Selasa (26/7) terhadap saham tiga perusahaan pengembang vaksin dan obat cacar monyet.

Bavarian Nordik (OTCPK:BVNRY)

Perusahaan ini mengklaim telah menjual vaksin cacar monyet. Manajemen perusahaan ini mengklaim mendapat pesanan vaksin 2 juta dolar AS pada 2022. Perusahaan ini mengklaim bisa memproduksi 30 juta dosis per tahun.

Perusahaan ini sebelumnya menunjukkan bahwa harga jual Jynneos di pasar AS berada pada kisaran harga 40-100 dolar AS per dosis.

Bavarian Nordic sepertinya telah menandatangani perjanjian pasokan dengan AS dan Kanada. Selanjutnya, manajemen telah mencatat bahwa ada satu juta dosis Jynneos dalam persediaan perusahaan sendiri, yang mereka suplai ke Uni Eropa.

SIGA Technologies, Inc (NASDAQ:SIGA)

Vaksin TPOXX dari SIGA Technology adalah obat molekul kecil oral yang menunjukkan kemanjuran di semua virus ortodoks; obat ini bekerja dengan menghalangi virus keluar dari sel yang terinfeksi.

Obat ini disetujui pada tahun 2018 untuk formulasi oral, dan formulasi IV mendapat persetujuan pada Mei 2022. 

TPOXX SIGA berisi 3 kapsul yang digunakan dua kali sehari selama 14 hari setelah pasien mulai mengalami lesi. Perusahaan telah mengungkapkan bahwa harga per perlakuan TPOXX adalah 310 dolar AS di AS dan 930 dolar AS di Kanada.

Emergent BioSolutions (NYSE:EBS)

Emergent Bioscience saat ini memproduksi dan mengirimkan sekitar 18-20 juta dosis ACAM2000 kepada pemerintah AS setiap tahun dengan harga 9-10 dolar AS per dosis. Perusahaan menandatangani kontrak dengan pemerintah AS. Jika pemerintah menjalankan opsi tambahan selama 9 tahun, kontrak tersebut akan menghasilkan sekitar 2 miliar dolar AS.