Ada Citayam Fashion Week, Pemerintah Pertimbangkan Tes Covid-19 Massal

Kedatangan ABG Citayam membuat konten TikTok atau pun hanya sekadar berkeliling di kawasan itu. (Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 25 Juli 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Pemprov DKI Jakarta sedang mempertimbangkan untuk melakukan tes swab Covid-19 massal karena kerumunan remaja yang melakukan Citayam Fashion Week di zebra cross dekat Stasiun MRT Dukuh Atas di Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Minggu, khawatir keramaian akan memicu lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta karena banyak anak muda yang tidak menggunakan masker. "Memang ada peningkatan (kasus) selama dua minggu terakhir. Karena banyak dari mereka yang tidak memakai masker, situasi ini dapat mempercepat (penularan) COVID-19," katanya.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga berencana merelokasi venue untuk Pekan Mode Citayam kali ini.

Wagub mencatat, kegiatan kreatif tersebut membuat para pejalan kaki dan pengendara kendaraan kesulitan melintasi Jalan Tanjung Karang kawasan Dukuh Atas karena peragaan busana berlangsung di penyeberangan sekitar Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Dukuh Atas.

“Makanya jalan itu perlu ditutup karena massanya banyak,” katanya.

Selain itu, trotoar dan jalur sepeda telah diubah menjadi area parkir liar.

"Ayo cari tempat yang lebih baik untuk peragaan busana. Jangan di tengah jalan. Itu akan mengganggu ketertiban umum," kata Patria.

Karena itu, pemerintah provinsi sedang mempertimbangkan untuk memindahkan tempat kegiatan ke Monumen Nasional (Monas), Senayan, atau Sarinah Mall.

Untuk itu, ia bermaksud meminta izin Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait ide menggelar fashion show di Sarinah Mall.

Sebelumnya, ia juga mengimbau kepada para peserta Citayam Fashion Week untuk memprioritaskan belajar sejak kegiatan sekolah dimulai.

Baca Juga: Ada Citayam Fashion Week, Pemerintah Pertimbangkan Tes Covid-19 Massal
Subvarian Omicron BA.2.3 Ditemukan Di Cina Dekat Korut

Jadi, mereka harus pulang sebelum pukul 10 malam. Waktu Standar Indonesia Bagian Barat (WIB, UTC+7) dan tidak melakukan kegiatan setiap hari.

Citayam Fashion Week diselenggarakan secara spontan oleh para pemuda pinggiran dari sejumlah daerah di Provinsi DKI Jakarta (wilayah Sudirman) dan Provinsi Jawa Barat (wilayah Citayam, Bojonggede, dan Depok). Kegiatan ini semakin besar karena menarik minat masyarakat karena keunikan busana para remaja.